Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/946
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Siti Rahma Aziz | - |
dc.contributor.author | Firdayani, 15311539 | - |
dc.date.accessioned | 2020-07-27T05:01:18Z | - |
dc.date.available | 2020-07-27T05:01:18Z | - |
dc.date.issued | 2019-08-09 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/946 | - |
dc.description.abstract | Salah satu faktor yang berpengaruh dalam membantu anak-anak usia dini agar dapat membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar adalah dengan memperhatikan metode yang digunakan. Untuk memudahkan proses belajar mengajar membaca Al-Qur`an dibutuhkan sebuah metode, gunanya yaitu agar pembelajaran yang dilaksanakan efektif sehingga tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran Al-Qur`an dapat tercapai. Dalam perjalanannya ternyata pembelajaran Al-Qur`an menghadapi problem yang tidak sedikit dan sederhana seperti input siswa beragam, jumlah jam pelajaran yang terbatas, guru, sarana dan pembelajaran Al-Qur`an terbatas. Dalam hal ini metode qira`ati dianggap mudah dan tepat untuk digunakan dalam pembelajaran Al-Qur`an karena dalam metode ini terdapat beberapa prinsip yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran Al-Qur`an yang memudahkan peserta didik untuk mampu membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam jenis penelitian analisis deskriptif atau penelitian yang ditunjang dengan data yang diperoleh dari penelitian lapangan (Field Research). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa metode qira`ati sangat efektiv dalam pembelajaran Al-Qur`an karena guru mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kurikulum secara baik dari awal kegiatan pembelajaran dilaksanakan sampai akhir dan setelah diterapkannya metode qira`ati kemampuan membaca Al-Qur`an peserta didik meningkat serta peserta didik mampu membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar (Tartil) sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Metode Qira`ati | en_US |
dc.subject | Kemampuan Membaca Al- Qur`an | en_US |
dc.title | Efektivitas Metode Qira`ati Terhadap Kemampuan Membaca Al- Qur`an di MIN 1 Kota Tangerang Selatan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
15311539.pdf Restricted Access | 4.84 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
15311539_Publik.pdf Restricted Access | 2.4 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.