Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/948
Title: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kota Tangerang Selatan
Authors: Luluk Masyithah, 15311545
Advisor: Syahidah Rena
Issue Date: 9-Aug-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kota Tangerang Selatan. Model pembelajaran tersebut digunakan untuk membangkitkan semangat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini melibatkan siswa kelas tiga, empat, dan lima di MIN 1 Kota Tangerang Selatan. penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena yang ada. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang diperoleh yaitu menunjukkan bahwa Pelaksanaan model pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran akidah akhlak di MIN 1 Kota Tangerang Selatan ini sudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Guru mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif, dan memungkinkan siswa untuk berani mengemukakan pendapat, dan memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi. Tujuan diterapkannya model pembelajaran cooperative learning ini salah satunya adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat beberapa kendala yang terjadi ketika penerapan model pembelajaran cooperative learning ini, diantarnya adalah kurangnya waktu, kondisi peserta didik yang biasa disebut dengan free rider, dan pada pengelolaan kelas ketika pembagian kelompok.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/948
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311545.pdf
  Restricted Access
3.78 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.