Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/960
Title: | Manajemen Pembelajaran Tahfizh Al-Qur‟an Dalam Mencapai Thobaqoh Hafalan Siswa (Studi Kasus di SD Emirattes Islamic School, Bintaro Pesanggrahan) |
Authors: | Syifa Muthmainnah, 15311563 |
Advisor: | Siti Rahma Aziz |
Issue Date: | 2019 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Manajamen pembelajaran tahfizh dengan thobaqoh hafalan dapat membantu siswa membaca Al-Qur‟an dengan tartil dan tepat, memudahkan siswa dalam menghafal Al-Qur‟an, mampu memperbaiki kualitas hafalan siswa di SD Emirattes Islamic School. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini di SD Emirattes Islamic School. Waktu penelitian pada tanggal 19 Februari sampai 25 Juli 2019. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Bidang Akademik, Koordinator Tahfizh dan Guru Tahfizh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggabungkan sumber dan metode, dianalisi dengan interaktif meliputi pengumpulan data, merangkum data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian meunjukkan bahwa: 1) Manajemen pembelajaran tahfizh Al-Qur‟an dengan thobaqoh hafalan dapat membantu siswa dalam membaca Al-Qur‟an dengan tepat, 2) Adanya thobaqoh memudahkan siswa dalam mencapai target hafalan, 3) Guru tahfizh menjadi faktor pendukung dalam mencapai target hafalan, 4) Evaluasi pembelajaran menggunakan thobaqoh dapat terukur. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/960 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
15311563.pdf Restricted Access | 8.15 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
15311563_Publik.pdf Restricted Access | 1.98 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.