Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/967
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Siti Shopiyah | - |
dc.contributor.author | Diana Inggrid, 15311574 | - |
dc.date.accessioned | 2020-08-03T04:27:19Z | - |
dc.date.available | 2020-08-03T04:27:19Z | - |
dc.date.issued | 2019-08-17 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/967 | - |
dc.description.abstract | Al-Qur’an merupakan sumber ajaran agama Islam dan sebagai pedoman hidup bagi setiap muslim. Al-Qur’an bukan sekedar memuat petunjuk tentang manusia dan tuhannya, tetapi hubungan manusia dan alam sekitarnya. Dalam pendidikan agama Islam begitu pentingnya Al- Qur’an dalam membimbing dan mengarahkan perilaku manusia, maka wajib bagi setiap muslim untuk mempelajari, memahami dan merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itulah penulis membuat karya ilmiyah yang berjudul “Peran Guru BTQ Dalam Penerapan Kaidah Ilmu Tajwid Pada Siswa Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta Tahun Pelajaran” 2019/2020. Karya ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerapan, peran guru, faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan kaidah ilmu tajwid. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode deskriptif analisis. Dari hasil penelitian yang diperoleh, penulis menyimpulkan bahwa peran guru BTQ dalam penerapan kaidah ilmu tajwid sangat besar dan penting dalam kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid dengan baik dan benar. Hal tersebut agar siswa mempelajari Al-Qur’an tidak hanya di sekolah, melainkan ketika berada di luar sekolah juga. Hal ini didukung dengan adanya kerjasama antara guru dengan orang tua murid dan eksrtrakurikuler, serta kondisi kelas dan madrasah yang bersih serta fasilitas yang cukup lengkap. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu pertemuan atau pelaksanaan pembelajaran yang cukup singkat, latar belakang siswa yang beragam, hal inilah yang membuat beberapa siswa masih kurang sesuai pembacaan dan penulisan Al-Qur’annya sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Guru BTQ | en_US |
dc.subject | Kaidah Ilmu Tajwid | en_US |
dc.title | Peran Guru BTQ dalam Penerapan Kaidah Ilmu Tajwid Pada Sisa Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
15311574.pdf Restricted Access | 5.96 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
15311574_Publik.pdf Restricted Access | 4.49 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.