Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/980
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRomlah Widayati-
dc.contributor.authorNur Maulida, 15311591-
dc.date.accessioned2020-08-05T04:45:44Z-
dc.date.available2020-08-05T04:45:44Z-
dc.date.issued2019-09-11-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/980-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui strategi tahfizh Al-Qur‟an di SD Azhari Islamic School Rasuna 2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat di SD Azhari Islamic School Rasuna 3) Untuk mengetahui apa saja pencapaian target hafalan siswa SD Azhari Islamic School Rasuna. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Azhari Islamic School Rasuna berada di Jl. KH. Ilyas No. 39 Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai bulan Juli 2019. Subyek penelitian Kepala Sekolah, Guru Koordinator Tahfizh beserta peserta didik SD Azhari Islamic School. Dengan menggunakan teknik puposive sampling. Metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Strategi Tahfizh Al-Qur‟an yang dilakukan SD Azhari Islamic School Rasuna adalah: a) satu hari setoran minimal 4-5 ayat, setengah halaman, atau sehalaman yang akan disetorkan pada guru tahfizh, b) membuat target yang jelas, c) menghafal dari bagian juz belakang ke depan, d) mengulang hafalan sebelum masuk KBM, setelah shalat dzuhur, dan sebelum pulang sekolah, e) menambah hafalan ketika waktu KBM pada pagi hari, f) setiap kelasnya akan di bagi 2 kelompok dan hafalan tersebut disetorkan pada guru tahfizh, g) untuk guru tahfizh dalam mengajar memiliki standar kemampuan menghafal minimal 18 juz dan lebih diutamakan yang menghafal 30 juz Al-Qur‟an, h) untuk siswa yang kurang mampu dalam menghafal diberikan waktu kesempatan dalam menghafal di luar jam sekolah. Pencapaian target hafalan siswa yakni dengan berbeda-beda setiap kenaikan kelasnya, jika kelas 1 SD menghafal 1 juz yaitu juz 30,. Kelas 2 SD menghafal 2 juz yaitu juz 29-28. Kelas 3 SD menghafal 3 juz yaitu juz 27, 26, 25. Kelas 4 SD menghafal 4 juz yaitu juz 24, 23, 22, 21. Kelas 5 SD menghafal 4 juz yaitu juz 20, 19, 18, 17. Kelas 6 SD menghafal 4 juz yaitu juz 16, 15, 14, 13.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategi Tahfizh Al- Qur’anen_US
dc.subjectPencapaian Hafalanen_US
dc.titlestrategi rahfizh Al-Qur'an dalam pencapaian Target Hafalan siswa studi Kasus Kelas v sD Azhari Islamic school Rasunaen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311591.pdf
  Restricted Access
3.55 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
15311591_Publik.pdf
  Restricted Access
1.37 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.