Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/983
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Faza Karimatul Akhlak | - |
dc.contributor.author | Rahmadani Ade Anita, 15311596 | - |
dc.date.accessioned | 2020-08-05T05:08:47Z | - |
dc.date.available | 2020-08-05T05:08:47Z | - |
dc.date.issued | 2019-08-03 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/983 | - |
dc.description.abstract | Program tahfidz dan Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam pembentukan sikap dan kepribadian siswa. Berbekal hafalan al-Qur’an dan ilmu agama yang dimiliki siswa diharapkan menjadi bekal bagi siswa dalam mengarungi kehidupan ini. Hal tersebut juga akan memudahkan bagi siswa untuk melaksanakan kewajibannya sebagai hamba Allah dan juga sebagai makhluk sosial yang harus bermanfaat bagi sesama. Karena tahfidz dapat berpengaruh terhadap pembelajaran pendidikan agama islam. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “Program tahfidz di MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe, Banten serta pengaruhnya terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih ada siswa yang kurang lancar dalam membaca dan menulis al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh program tahfidz terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V di MI Mumtaza Islamic School dan berapa besar persentasi pengaruhnya. Manfaat penelitian ini sebagai bahan masukan lembaga sekolah untuk meningkatkan program tahfidz dan metode pembelajarannya. Variabel dalam penelitian ini adalah program tahfidz (X), motivasi belajar pendidikan agama islam (Y). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi 522 siswa dengan sample 35 siswa. Metode pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan angket, sedangkan analisis data menggunakan rumus product moment yang kemudian dilakukan uji t dan uji determinasi untuk mengetahui kebenaran hipotesis dan persentasi pengaruhnya. xiii Kesimpulan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil angket yang disebarkan kepada 35 siswa diperoleh hasil bahwa adanya pengaruh program tahfiz terhadap motivasi belajar PAI Siswa di MI Mumtaza Pondok Cabe, Banten. Hal ini dibuktikan dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel atau r hitung 0,581 > r tabel 0,334. Kemudia dilakukan uji determinasi diperoleh hasil persentasi pengaruh program tahfiz terhadap motivasi belajar PAI Siswa di MI Mumtaza sebesar 33,7 %. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Program Tahfidz | en_US |
dc.subject | Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.subject | Motivasi Belajar | en_US |
dc.title | Pengaruh Program Tahfidz Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V di MI Mumtaza Islamic School | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
15311596.pdf Restricted Access | 14.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
15311596_Publik.pdf Restricted Access | 11.6 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.