Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/986
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Nadjematul Faizah | - |
dc.contributor.author | Siti Hanifah, 15311600 | - |
dc.date.accessioned | 2020-08-05T05:18:20Z | - |
dc.date.available | 2020-08-05T05:18:20Z | - |
dc.date.issued | 2019-08-29 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/986 | - |
dc.description.abstract | Latar belakang masalah dari skripsi ini adalah tentang kedisiplinan waktu dalam belajar dikelas, penggunaan media pembelajaran oleh guru serta penataan kelas. Sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana guru mengelola kelas. Mengingat nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) rata-rata dari siswa SD Dua Mei kelas V adalah 75. 75 adalah melebihi KKM adalah 70. Karena nilai 75 adalah ambang batas. penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen kelas dalam proses pembelajaran PAI: studi kasus siswa kelas V SD Dua Mei Ciputat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Adapun teknik Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini melalui tiga caera yaitu 1) observasi, yakni pengaturan duduk dalam ruangan belajar, proses pembelajaran PAI, dan sarana prasarana. 2) wawancara,yakni penulis melakukan wawancara dengan Kepala Sekolah, Waka Sarana Prasarana, Guru PAI, dan siswa kelas V sebanyak 4 orang. 3) dokumentasi, yakni data-data sekolah RPP, dan nilainilai peserta didik. Untuk memeriksa keabsahan data penulis menggunakan teknik trianggulasi data sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian dikelas V SD Dua Mei Ciputat mengenai Pelaksanaan Manajemen Kelas dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menunjukan bahwa ada dua Manajemen Kelas yaitu akademik dan non akademik maka: 1) Akademik kelas dalam proses pembelajaran PAI di kelas V SD Dua Mei Ciputat meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian akademik sudah baik dan sesuai dengan pedoman Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) , 2) Non akademik, sarana prasarana kelas tertata dengan baik | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Manajemen Kelas | en_US |
dc.subject | Pembelajaran PAI | en_US |
dc.title | “Implementasi Manajemen Kelas dalam Pembelajaran PAI (studi kasus kelas V SD Dua Mei Ciputat) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
15311600.pdf Restricted Access | 2.83 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.