Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/999
Title: | Pengaruh Emotional Intelligence Terhadap Pembentukan Empati Siswa SMK Putra Pertiwi Pondok Cabe (Berdasarkan Pendekatan Neuroscience) |
Authors: | Imroatus Sholihah, 15311616 |
Advisor: | Alfun Khusnia |
Issue Date: | 17-Sep-2019 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh emotional intelligence terhadap pembentukan empati siswa SMK Putra Pertiwi Pondok Cabe. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksploratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Putra Pertiwi Pondok cabe yang berjumlah 46 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji regresi linear sederhana. Realita pendidikan yang terjadi saat ini menarik untuk diteliti, apabila merujuk pada teori bahwa seseorang yang memiliki emotional intelligence tinggi lebih mudah berempati atau mampu untuk memahami apa yang dirasakan orang lain. Sebaliknya, jika seseorang memiliki emotional intelligence rendah maka kemampuan empatinya juga relatif rendah. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pada emotional intelligence terhadap pembentukan empati siswa SMK Putra Pertiwi Pondok Cabe yakni sebesar 9,4% sedangkan 91,6% dipengaruhi oleh variabel lain. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/999 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
15311616.pdf Restricted Access | 7.08 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
15311616_Publik.pdf Restricted Access | 3.08 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.