Abstract:
Saat ini, perkembangan penyebaran dakwah di media sosial semakin
beragam. Salah satunya adalah maraknya dakwah melalui instagram.
Menimbang tingginya antusiasme masyarakat terhadap dakwah yang
disampaikan oleh dr. Zaidul Akbar. Penulis tertarik untuk mengetahui lebih
dalam apa sebenarnya dakwah yang disampaikan oleh dr. Zaidul Akbar.
Terlebih melalui akun instagramnya @zaidulakbar yang tergolong memiliki
respon tinggi pada setiap postingannya dibandingkan akun dakwah/public
figure lainnya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimana isi pesan dakwah bergambar di akun
instagram @ZaidulAkbar, bagaimana daya tarik pesannya dan bagaimana
respon followers terhadap pesan dakwah bergambar di akun instagram
@ZaidulAkbar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
mengkategorisasikan pesan dakwah dan daya tarik pesan yang terdapat
instagram @ZaidulAkbar, serta respon followersnya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif dengan pendekatan analisis isi kualitatif. Analisis isi yaitu metode
penelitian yang digunakan untuk mengetahui kecenderungan isi komunikasi.
Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi analisis pada
postingan @zaidulakbar selama tiga bulan serta wawancara kepada beberapa
followers di instagram @zaidulakbar untuk mengecek kebenarannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada instagram @zaidulakbar
terdapat 42 postingan mengandung pesan Akidah, 30 pesan Syariah dan 42
pesan Akhlak. Penulis berkesimpulan bahwa tidak ada dominasi pesan
dakwah yang disampaikan di instagram @ZaidulAkbar. Kemudian untuk
daya tarik pesan terdapat 37 postingan mengandung daya tarik rasional, 5
daya tarik takut, 16 daya tarik ganjaran, 19 daya tarik emosional, dan 26 daya
tarik motivasi. Hal ini berarti pesan dengan daya tarik rasional paling sering
disampaikan di instagram @ZaidulAkbar. Followers di akun instagram
@ZaidulAkbar juga memiliki respon yang positif. Untuk respon followers
pada pesan dakwah, followers lebih banyak menyukai tentang pesan Akhlak
(postingan berupa foto) dan pesan Akidah (postingan berupa video).
Sementara untuk daya tarik pesan, followers memiliki antusias yang tinggi
terhadap pesan berdaya tarik Emosional, baik berupa foto ataupun video.
Pesan yang disampaikan @ZaidulAkbar juga mempengaruhi followers dari
tahap kognitif, afektif hingga behavioral.