Abstract:
Islam merupakan agama yang mengharuskan umatnya untuk
menyampaikan dakwah Islam kepada seluruh manusia, tidak mengenal siapa,
kapan, dan di mana manusianya berada. Kegiatan dakwah menandakan maju
atau mundurnya umat Islam. Berdakwah bukan hanya dengan perkataan,
melainkan bisa menggunakan apa saja yang bermanfaat bagi orang lain.
Dalam menyampaikan dakwah, terlebih dahulu hendaknya menentukan
strategi yang digunakan, agar tujuan dakwah tersampaikan dengan baik.
Berdakwah bisa dilakukan salah satunya dengan jalan bersedekah. Seperti
yang dilakukan oleh komunitas sedekah subuh. Komunitas ini mengajak
masyarakat berdakwah dengan jalan bersedekah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
menggunakan metode deskriptif, serta menggunakan teori pengelolaan
strategi yang dikemukakan oleh Fred R. David. Dalam mendapatkan datadata
yang dibutuhkan penulis melakukan observasi, wawancara tidak
terstruktur bersama informan dari komunitas sedekah subuh yang menjadi
subjek penelitian, serta dokumentasi yang berkaitan dengan kegiatan dakwah
komunitas sedekah subuh. Validitas data triangulasi dengan mengecek atau
membandingkan sesuatu di luar data terhadap data yang sudah ada, sesuai
dengan penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi dakwah yang digunakan
komunitas sedekah subuh dalam membangun kesadaran bersedekah yaitu
dengan menggunakan dakwah bi al-hal yakni dakwah dengan tindakan,
pengaplikasian dalam hidup, atau aksi nyata melalui program program
Komunitas Sedekah Subuh. Bukan hanya dakwah bi al-hal, namun terdapat
juga dakwah bi at-tadwin yakni dengan membagikan foto kegiatan komunitas
melalui akun facebook masing-masing anggota, disertai dengan kalimat yang
memotivasi atau membangun kesadaran untuk bersedekah