DSpace Repository

Implementasi Kegiatan Muhadhoroh dalam Meningkatkan Kemampuan Berdakwah Siswa Madrasah Tsanawiyah Daarul Hikmah Pamulang Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Upi Zahra
dc.contributor.author Intan Nur’arifah, 17220055
dc.date.accessioned 2021-09-01T08:10:33Z
dc.date.available 2021-09-01T08:10:33Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1306
dc.description.abstract Kegiatan Muhadhoroh adalah kegiatan berlatih pidato/kegiatan berbicara di depan umum yang dilakukan setiap minggunya di MTs Daarul Hikmah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan siswa, khususnya dalam hal pidato juga berdakwah, untuk mengasah keberanian dan juga mental siswa dalam hal berbicara dihadapan banyak orang, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam kegiatan Muhadhoroh. Permasalahan yang dipusatkan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi kegiatan Muhadhoroh yang diterapkan oleh sekolah MTs Daarul Hikmah dalam meningkatkan kemampuan berdakwah siswa. Persamaan dan perbedaan penelitian terdahulu dengan penelitian ini yaitu terletak pada objeknya, seperti contoh pada skripsi dengan judul “Strategi Pelatihan Muhadhoroh Terhadap Kemampuan Berpidato Santri Pondok Pesantren Darul Falah Teluk Betung Bandar Lampung”. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan penelitian adalah guru pembimbing kegiatan Muhadhoroh, salah satu wali kelas MTs Daarul Hikmah dan beberapa siswanya. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang dipakai adalah triangulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode induktif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian pada implementasi kegiatan Muhadhoroh dalam meningkatkan kemampuan berdakwah siswa merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang diadakan di luar jam sekolah setiap hari jum’at pagi pada pukul 07.00 s/d 08.00 WIB sebelum pembelajaran kelas dimulai. Dalam kegiatan ini terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya yaitu: kegiatan pelatihan secara rutin, pengawasan dari dewan guru, jadwal penugasan yang terstruktur, siswa antusias memiliki rasa ingin tahu, keahlian dewan guru, keterlibatan pengurus OSIS dalam mengatur jalannya Muhadhoroh, adanya seleksi siswa, dan adanya evaluasi belajar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: siswa malas membuat dan menghafal teks pidato, demam panggung/gerogi, kurangnya minat siswa dalam mengikuti kegiatan Muhadhoroh dan faktor alam. Tujuan yang melatarbelakangi diadakannya kegiatan Muhadhoroh yaitu agar siswa dapat mempelajari ilmu agama Islam lebih dalam lagi di luar pembelajaran kelas, dapat membentuk kepribadian siswa yang baik, dapat meningkatkan cara berfikir agar lebih kritis, mengasah rasa percaya diri serta melatih psikologis dan kemampuan untuk berbicara di depan orang banyak en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Muhadhoroh en_US
dc.subject Dakwah en_US
dc.title Implementasi Kegiatan Muhadhoroh dalam Meningkatkan Kemampuan Berdakwah Siswa Madrasah Tsanawiyah Daarul Hikmah Pamulang Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account