DSpace Repository

Strategi Komunikasi Persuasif dalam Meningkatkan Penjualan Emas (Studi Kasus Toko Mas Sinar Simpati Cianjur

Show simple item record

dc.contributor.advisor Upi Zahra
dc.contributor.author Neng Novi Naila Izzati, 17220059
dc.date.accessioned 2021-09-01T08:18:46Z
dc.date.available 2021-09-01T08:18:46Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1308
dc.description.abstract Komunikasi merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya setiap manusia ingin menciptakan komunikasi yang efektif, komunikasi bisa dikatakan efektif apabila komunikasi tersebut bisa menimbulkan pengaruh pada sikap seseorang. Upaya komunikasi untuk memengaruhi sikap seseorang ini kemudian disebut sebagai komunikasi persuasif. Komunikasi persuasif ini sering kita jumpai pada bidang bisnis atau berdagang. Teknik persuasi ini biasa digunakan untuk mengajak konsumen menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Berdagang sangat dijunjung tinggi dalam agama Islam, karena berdagang ini merupakan aktualisasi seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Anjuran dalam berdagang ini ada dalam hadist Nabi SAW dan juga Al-Qur’an. Pada pandemi Covid-19 persaingan bisnis semakin ketat. Tentunya dalam penjualan emas di Toko Mas Sinar Simpati ini pun harus mempunyai strategi tersendiri untuk meningkatkan penjualannya. Para karyawan diberikan kemampuan strategi yang tepat untuk memengaruhi pembeli secara langsung sehingga komunikasi persuasif digunakan dalam hal ini. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, Bagaimana pelaksanaan strategi komunikasi persuasif pada Toko Mas Sinar Simpati dalam meningkatkan penjualannya? kemudian Apa saja hambatan komunikasi persuasif yang dilakukan karyawan Toko Mas Sinar Simpati dalam menarik pembeli untuk penjualan emasnya?. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa, pertama, pelaksanaan strategi komunikasi persuasif dalam meningkatkan penjualan emas pada Toko Mas Sinar Simpati Cianjur menggunakan 5 teknik yang dipaparkan oleh William S. Howell, yaitu transfer, bandwagon technique, say it with flowers, don’t ask if ask which, Reassurance, dan 2 teknik dalam buku yang ditulis oleh Onong Uchjana Effendy yaitu teknik asosiasi dan teknik ganjaran. Kedua, hambatan komunikasi persuasif yang dilakukan Toko Mas Sinar Simpati dalam penjualan emasnya terbagi menjadi 3 yaitu, hambatan teknis, hambatan perilaku, dan hambatan semantik en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject komunikasi persuasif en_US
dc.subject penjualan en_US
dc.title Strategi Komunikasi Persuasif dalam Meningkatkan Penjualan Emas (Studi Kasus Toko Mas Sinar Simpati Cianjur en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account