DSpace Repository

Strategi Komunikasi Penyiar Radio Dakta 107 FM dalam Menarik Minat Pendengar Pada Program Dakwah Mar’atus Sholihah

Show simple item record

dc.contributor.advisor Upi Zahra
dc.contributor.author Indah Nurseptiani, 17220053
dc.date.accessioned 2021-12-20T07:58:35Z
dc.date.available 2021-12-20T07:58:35Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1589
dc.description.abstract Penelitian ini berawal dari latar belakang dan eksistensi radio yang sudah jarang ditemukan. Namun, komunitas radio yang menyiarkan seluruh program siaran dengan berbagai nuansa sampai sekarang masih eksis dan memiliki tempat tersendiri di masyarakat, salah satunya yaitu Radio Dakta 107 FM. Tujuan yang hendak diketahui pada penelitian ini ingin mencari tahu bagaimana strategi komunikasi penyiar dalam menarik minat pendengar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan dan implementasi strategi komunikasi penyiar Radio Dakta 107 FM dalam menarik minat pendengar pada program Mar’atus Sholihah serta apa saja hambatan penyiar Radio Dakta dalam menarik minat pendengar. Perbedaan penelitian terdahulu dengan penelitian ini yaitu terletak pada objek dan tempat penelitian, seperti contoh dari skripsi terdahulu yang berjudul Strategi Komunikasi Penyiar Radio Dakwah Islam Semarang dalam Meningkatkan Jumlah Pendengar dan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode yang digunakan penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif merupakan metode penelitian dengan cara mengungkapkan, menggambarkan fakta-fakta yang terjadi dari hasil penelitian. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer, data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil data kemudian di analisis lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian mengenai Strategi Komunikasi Penyiar Radio Dakta 107 FM Dalam Menarik Minat Pendengar Pada Program Mar’atus Sholihah yaitu strategi komunikasi Radio Dakta bukan hanya menggunakan pendekatan secara emosional kepada para pendengarnya, yaitu dengan menyapa para pendengar dengan kata-kata yang santun, untuk terus eksis mendengarkan program Mar’atus Sholihah, tetapi juga menggunakan beberapa media sosial sebagai strategi kounikasi yang diterapkan oleh Radio Dakta, seperti website, instagram, youtube, dan lain-lain. Dengan demikiain Radio Dakta pada program Mar’atus Sholihah sudah tepat dan efektif, dengan memberikan informasi-informasi ter-update khususnya permasalahan kaum muslimah, seperti amalan anita ketika haid, fiqih kontemporer dan masih banyak lainnya mengenai Sunnah Rasulullah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Komunikasi en_US
dc.subject Penyiar en_US
dc.title Strategi Komunikasi Penyiar Radio Dakta 107 FM dalam Menarik Minat Pendengar Pada Program Dakwah Mar’atus Sholihah en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account