DSpace Repository

Analisis penggunaan Label Halal Terhadap Minat Masyarakat Dalam Membeli Kosmetik (Studi Kasus Pengguna Media Sosial)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hendra Kholid
dc.contributor.author Maemunah, 16110839
dc.date.accessioned 2021-12-29T03:58:35Z
dc.date.available 2021-12-29T03:58:35Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1596
dc.description.abstract Berawal dari melihat produk kosmetik banyak yang beredar di pasaran, dari yang berlabel halal sampai yang tidak ada label halalnya, bahkan sekarang banyak juga kosmetik yang beredar tanpa brand. Mengingat masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masyarakat membeli produk kosmetik berdasarkan label halal atau dikarenakan faktor lainnya, seperti mempercantik diri dan menutupi kekurangan yang mereka miliki. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang dicantumkan adalah berdasarkan hasil wawancara online yang dilakukan kepada responden melalui chat via aplikasi Whatsapp. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, Pertimbangan masyarakat sebelum mereka membeli produk kosmetik hal pertama yang diperhatikan adalah label halal yang tertera pada kemasan, selanjutnya mereka memperhatikan dari segi harga, kualitas produk sesuai atau tidak dengan harganya, kesehatan, dan bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut. Kedua, Penerapan label halal berdampak positif terhadap minat masyarakat dalam membeli kosmetik. Faktanya, mayoritas responden lebih memprioritaskan unsur kehalalan produk sebelum membeli produk kosmetik, selanjutnya yang kedua mereka memeperhatikan dari segi harga, kualitas, kesehatan, dan bahan-bahan yang digunakan dalam produk tersebut en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Label Halal en_US
dc.subject Kosmetik en_US
dc.title Analisis penggunaan Label Halal Terhadap Minat Masyarakat Dalam Membeli Kosmetik (Studi Kasus Pengguna Media Sosial) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account