Abstract:
Kegiatan dakwah yang ada di Indonesia itu sangat beragam. Salah
satunya kegiatan dakwah Yayasan Kampung Al-Qur´an yang menyebarkan
pesan bernilaikan Al-Qur´an, seperti mengajarkan Al-Qur´an dan aspekaspek
lain yang berkaitan. Yayasan Kampung Al-Qur´an murni dioperasikan
oleh mahasiswa aktif yang pada mulanya adalah organisasi. Yayasan tersebut
bergerak dalam pemberdayaan masyarakat berbasis Al-Qur´an, dan
perencanaan strategi komunikasi yang matang berperan dalam kegiatan
dakwah. Perencanaan strategi masih perlu di pahami lebih dalam oleh para
dai, dan Yayasan Kampung Al-Qur´an mempunyai strategi tertentu untuk
menjalankan programnya walau masih berusia dini. Hingga kini, banyak
mahasiswa yang turut andil dalam setiap kegiatan yayasan tersebut. Dalam
skripsi ini, peneliti akan memaparkan strategi komunikasi dakwah Yayasan
Kampung Al-Qur´an dan faktor pendukung serta penghambatnya.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini, adalah
kualitatif dan pendekatannya menggunakan fenomenologi. Artinya penulis
berusaha memahami makna dari suatu peristiwa dan interaksi orang dalam
situasi tertentu. Serta pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini, mendapatkan beberapa strategi yang
dilakukan Yayasan Kampung Al-Qur´an yaitu menjalin relasi serta
kolaborasi, komunikasi persuasif, menyeleksi calon relawan, mengadakan
kegiatan di kampung secara bertahap. Dan kelebihan yayasan tersebut
berpegang pada prinsip kolaborasi dalam berdakwah sehingga dilakukan
secara bersama-sama dari berbagai pihak. Jadi tidak hanya mengajak pada
kebaikan namun mempunyai andil juga untuk membujuk masyarakat sebagai
mitra dakwah. Peneliti juga menemukan faktor hambatan dan pendukung
komunikasi dakwah Yayasan Kampung Al-Qur´an.