DSpace Repository

Analisis Strategi Fundaising Lembaga Amil Zakat Melalui Platform "E-Commerce” (Studi Komparatif ACT, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hendra Kholid
dc.contributor.author Siti Sahara Siregar, 15110806
dc.date.accessioned 2022-08-26T08:04:28Z
dc.date.available 2022-08-26T08:04:28Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1774
dc.description.abstract Skripsi ini dilatarbelakangi tentang fundraising menjadi salah satu keberlangsungan Lembaga Amil Zakat, keberhasilan fundraising memerlukan adanya strategi yang sesuai perkembangan zaman, yaitu e-commerce. E-commerce saat ini menjadi strategi dalam melakukan fundraising. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitas yaitu metode untuk mengungkapkan dan memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan apa saja dari penelitian. Menganalisi data berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara dari praktisi dan ahli e-commerce, dokumentasi, dan observasi langsung menggunakan aplikasi e-commerce yang digunakan Lembaga Amil Zakat. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan pertama LAZ ACT, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat memiliki strategi fundraising yang hampir mirip sama yaitu memanfaatkan sistem e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Shopee dalam menghimpun donasi infak, sedekah, wakaf dari masyarakat. Akan tetapi LAZ ACT, DD, RZ memiliki tujuan program yang berbeda yaitu ACT dibidang sosial dan kemanusiaan, Dompet Dhuafa di bidang kesehatan dan pendidikan, sedangkan Rumah Zakat di bidang pemberdayaan masyarakat. Kedua penerapan strategi fundraising LAZ melalui e-commerce telah berdampak positif terhadap penghimpunan donasi infak, sedekah, wakaf LAZ ACT, DD, RZ yang bersumber dari masyarakat. Faktanya terjadi peningkatan penghimpunan pada setiap e-commerce yang menjual program LAZ ACT, DD, RZ. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Fundraising en_US
dc.subject Lembaga Amil Zakat en_US
dc.subject E-commerce en_US
dc.title Analisis Strategi Fundaising Lembaga Amil Zakat Melalui Platform "E-Commerce” (Studi Komparatif ACT, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account