Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Sign dalam bentuk dan fungsi,
untuk mengetahui bagaimana Objectsebagai referensi dari fikiran dan realitas,
untuk mengetahui bagaimana Interpretan sebagai makna dan tanda yang
terdapat dalam Iklan Pantene Versi Keanu Agl di Media Youtube. Iklan
Pantene yang dibintangi Keanu merupakan produk dari Pantene yakni
Miracles Hair Supplement Baru, berdurasi 1:01 menit, di unggah pada tanggal
2 Januari 2022 melalui Youtube, iklan ini berhasil menarik perhatian
masyarakat dan sukses ditonton 45juta lebih penonton. Fokus masalah dalam
penelitian ini untuk mengetahui makna dalam iklan Pantene versi Keanu Agl.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan analisis
Semiotika Charles Sanders Pierce. Pierce mengemukakan teori segitiga makna
yang terdiri dari tiga elemen utama, yakni Sign (Qualisign, Sinsign dan
Legisign), Object (Ikon, Indeks, dan Simbol), dan Interpretant (Rheme,
Decisign dan Argument). Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan
observasi dan dokumentasi, untuk memperoleh data dengan cara melihat,
mengamati dan memperhatikan setiap shot dalam Iklan Pantene Versi Keanu
Agl di Media Youtube, selanjutnya yaitu meng-screen shoot gambar yang
menjadi kebutuhan penelitian. Sumber data terbagi menjadi dua: Pertama,
Data Primer dalam penelitian ini diperoleh melalui akun youtube Panten
Indonesia dari tayangan Iklan Pantene Versi Keanu Agl. Kedua, Data
sekunder yakni buku atau jurnal, internet, dan lain-lain.
Hasil penelitian ini, Iklan Pantene Versi Keanu Agl di Media Youtube
terdapat 6 tanda yang mengandung makna Sign, Object, Interpretan
diantaranya: Rambut, Brand Ambassador, Baterai, Ekspresi, Pakaian, dan
Produk Pantene Miracles Hair Supplement Baru. Memiliki makna bahwa
rambut yang menandakan mahkota bagi semua orang atau salah satu
pelindung untuk kulit kepala, oleh karena itu rambut harus dijaga
keindahannya, baik kebersihan maupun kesehatannya dengan men-charged
rambut menggunakan produk Pantene terbaru yaitu Miracles Hair Supplement
Baru karena pada realitasnya menggunakan sampo saja tidak cukup, sehingga
kesehatan dan nutrisi rambut tetap tertajaga. Adapun ekspresi dan pakaian
yang dikenakan Brand Ambassador menandakan bentuk pengungkapan atau
memperlihatkan perasaan Keanu Agl. Kemudian dengan menggunakan Brand
Ambassador Keanu Agl, Pantene mengajak bukan hanya kaum hawa untuk
sekedar merawat rambut, Pantene juga mengajak kaum Adam untuk lebih
memperhatikan rambut.