dc.description.abstract |
Pada era berkembangnya teknologi, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kualitas hafalan Al-Qur’an. Salah satunya adalah memanfaatkan teknologi sebagai media pendukung dalam mengahafal Al-Qur’an. Kehadiran teknologi seperti gadget banyak memberikan manfaat dan kemudahan bagi orang-orang yang dapat mengambil hal-hal positif didalamnya, tetapi teknologi juga bisa menjadi penghambat bagi orang-orang yang tidak bisa memanfaatkan sesuatu pada tempatnya, sehingga menjadikan seseorang itu lalai dalam menggunakan waktu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Adapun perumusan masalah didalam penelitian ini adalah bagaimana dampak positif penggunaan gadget dalam pencapaian hafalan Al-Qur’an siswa kelas V SDIT Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan dengan pendekatan survei. Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi berdasarkan teori Edmund Husserl. Dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara terstruktur, akan tetapi tidak semua seluruh siswa kelas V SDIT Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. dijadikan sebagai sampel. Skripsi ini menyimpulkan bahwa gadget mempunyai dampak positif pencapaian hafalan Al-Qur’an siswa kelas V SDIT Tahfizhil Qur’an. Dampak positif penggunaan gadget dalam pencapaian hafalan Al-Qur’an siswa kelas V SDIT Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. adalah dapat digunakan sebagai sarana penunjang hafalan, dengan membuka aplikasi Al-Qur’an dan murattal Al-Qur’an yang dapat membantu melancarkan hafalan dan muraja’ah kapan saja dan dimana saja tentunya dalam keadaan suci, dapat juga menghafal Al-Qur’an dengan berbagai metode tentunya didapatkan dari para guru yang mengajar siswa kelas V SDIT Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara.. Selain itu, dalam pencapaian hafalan Al-Qur’an siswa kelas V Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara.adanya faktor pendukung dalam menghafal Al-Qur’an, yaitu Guru, Orang tua, Usia dan Lingkungan. |
en_US |