DSpace Repository

PENGENDALIAN EMOSI MARAH MENURUT AL-QUR’AN (Studi Komparatif Tafsir ath-Thabari, Tafsir an-Nur, Tafsir al-Azhar, dan Tafsir al-Munir dalam QS. Al-Imra'n Ayat 134 dan QS. Asy-Syu'ra ayat 37 dengan Pendekatan Psikologi)

Show simple item record

dc.contributor.advisor M. Haris Hakam
dc.contributor.author Erina Agustin, 18210958
dc.date.accessioned 2022-10-07T04:01:39Z
dc.date.available 2022-10-07T04:01:39Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1945
dc.description.abstract Pada masa sekarang ini, tidak sedikit berita yang beredar terkait perbuatan buruk yang dilakukan oleh seseorang, baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain karena kurangnya kemampuan dalam mengendalikan emosinya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa penafsiran ayat tentang menahan marah pada QS. Al-Imra>n ayat 134 dan QS. Asy-Syu>ra> ayat 37, dan menguraikan cara pengendalian emosi marah yang dapat dilakukan sebagai implementasi dalam kehidupan. Perbedaan dengan penelitian sebelumnya adalah penulis membahas tentang emosi marah dalam QS. Al-Imra>n ayat 134 dan QS. Asy-Syu>ra> ayat 37 dengan pendekatan psikologi dan menggunakan tiga model pengendalian emosi menurut M. Darwis Hude. fokus kepada pengendalian emosi marah yang terdapat di dalam QS. Al-Imra>n ayat 134 dan QS. Asy-Syu>ra> ayat 37 menurut pandangan dari Abu> Ja’far at}-T{abari>, Muhammad Hasbi ash-Shiddieqy, Buya Hamka, dan Wahbah az-Zuhaili>. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa penelitian kualitatif yang bersifat kepustakaan (library research). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer berupa Al-Qur’an dan terjemahannya, kitab Tafsir an-Nu>r karya Hasbi ash-Shiddieqy, kitab Tafsir al-Azhar karya Buya Hamka, kitab Tafsir ath-Thabari karya Abu> Ja’far at}-T{abari, kitab Tafsir Al-Munir karya Wahbah Az-Zuhaili, serta buku Emosi: Penjelajahan Religio-Psikologis tentang Emosi Manusia di dalam Al-Qur’an karya M. Darwis Hude. Sedangkan data sekunder yang digunakan berupa buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan psikologi ataupun tentang emosi marah. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode komparasi dan metode deskriptif-analisis. Hasil penelitian dalam skripsi ini yaitu pertama, orang yang bertakwa mampu menahan amarahnya apabila terdapat sesuatu yang mengecewakan atau menimbulkan kemarahan. dalam hidupnya. Ia juga dengan tulus memberikan maaf kepada orang yang telah membuatnya marah, dan tidak membalas perbuatan mereka meskipun ia memiliki kemampuan untuk membalas dendam. Selain itu, seseorang yang berakhlak baik, ketika sedang marah, ia akan memberikan maaf kepada orang yang telah berbuat kurang baik terhadapnya dan tidak menjadi seorang yang pendendam. Kedua, pengendalian emosi marah yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan, antara lain; berhitung, melatih keterampilan berelaksasi, selalu mengingatkan diri agar tidak mudah marah, dan berkonsultasi kepada ahli en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Emosi en_US
dc.subject Marah en_US
dc.subject Pengendalian en_US
dc.subject Psikologi en_US
dc.subject Al-Imran en_US
dc.subject Asy-Syura en_US
dc.title PENGENDALIAN EMOSI MARAH MENURUT AL-QUR’AN (Studi Komparatif Tafsir ath-Thabari, Tafsir an-Nur, Tafsir al-Azhar, dan Tafsir al-Munir dalam QS. Al-Imra'n Ayat 134 dan QS. Asy-Syu'ra ayat 37 dengan Pendekatan Psikologi) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account