Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fungsi sosial istifhâm taubîkh yang terdapat dalam Al-Qur`an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif-analitis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa redaksi istifhâm taubîkh dalam Al-Qur`an dapat ditarik fungsi sosial berdasarkan konteks ayat. Dalam surat Al-Baarah terdapat beberapa tema yang menjadi subjek dan objek celaan Allah yaitu: Bukti Kekuasaan Allah (QS. Al-Baqarah [2]: 28), Etika Berdakwah (QS. Al-Baqarah [2]: 44), Harapan yang sia-sia dari Bani Israil (QS. Al-Baqarah [2]: 76), (QS. Al-Baqarh [2]: 77), (QS. Al-Baqarah [2]: 80), (QS. Al-Baqarah [2]: 85), (QS. Al-Baqarah [2]: 87), (QS. Al-Baqarah [2]: 139), (QS. Al-Baqarah [2]: 140), (QS. Al-Baqarah [2]: 211), Penafsiran Ayat yang berkaitan dengan Musyrik, (QS. Al-Baqarah [2]: 170). Dan Tema yang menjadi subjek dan objek celaan Allah dalam surat Al-A’raf yaitu:Sikap Iblis yang sombong (QS. Al-A’raf [8]: 12), Kesuksesan bujuk Rayu Iblis kepada Bapak manusia (Adam): (QS. Al-A’raaf [8]: 22), Risalah Nuh di Tanah Arab (QS. Al-A’raaf [7]: 63), Ajakan Nabi Hud as. untuk Mentauhidkan Allah (QS. Al-A’raaf [7]: 65), Keheranan Kaum Nabi Nuh dalam Menerima Dakwah (QS. Al-A’raaf [7]: 69), Hakikat Sebuah Nama (QS. Al-A’raaf [7]: 71), Sikap Otoriter Fir’aun (QS. Al-A’raf [7]: 123), Kemarahan Nabi Musa (QS. Al-A’raf [7]: 150), Taqlid Buta (QS. Al-A’raaf [7]: 28), Sebab Kehancuran ‘Penduduk Negeri’ (QS. Al-A’raaf [7]: 97-98) dan QS. Al-A’raf [7]: 100, Ayat Yang Berkaitan Dengan Kisah Pewaris Taurat (QS. Al-A’raf [7]: 169), Risalah Muhammad Saw. (QS. Al-A’raf [7]: 184-185), Penghuni Al-A’raf (QS. Al-A’raaf [7]: 49), Dialog Penghuni Surga dan Neraka (QS. Al-A’raf [7]: 44).