DSpace Repository

Dakwah Dalam Media Youtube (Analisis Pesan Dakwah terhadap Serial Animasi Riko The Series)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad Ulinnuha
dc.contributor.author Siti Nur Halifah, 18220107
dc.date.accessioned 2022-10-25T06:12:29Z
dc.date.available 2022-10-25T06:12:29Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2051
dc.description.abstract Berbicara tentang Islam, tidak akan lepas dari dakwah, karena Islam sendiri disebut juga sebagai agama dakwah. Dakwah Islam adalah dakwah bashirah, maknanya berarti dakwah yang disebarluaskan dengan cara damai dan bukan dengan cara kekerasan serta mengutamakan aspek kognitif (kesadaran intelektual), dan afektif (kesadaran emosional). Perkembangan teknologi informasi telah membuahkan berbagai macam alat media komunikasi massa, yang kemudian melahirkan media sosial. Saat ini, tayangan televisi banyak tontonan-tontonan yang kurang menarik, edukatif, Islami. Sehingga banyak masyarakat yang berpindah dan memilih menonton Youtube ataupun jejaring internet lainnya dari pada acara televisi, karena dianggap tidak memberikan unsur pendidikan. Sehingga tayangan Youtube menjadi pilihan utama sebagai tempat mencari hiburan dan informasi. Semakin banyak konten yang disediakan media sosial, semakin banyak pula masyarakat yang tertarik untuk menikmatinya, tidak bisa dipungkiri anak-anak pun mulai tertarik. Anak-anak menjadi objek yang sangat diperhatikan dalam bermedia sosial. Sehingga anak-anak perlu disuguhkan konten-konten edukatif dan islami seperti film kartun atau animasi. Film animasi Riko the Series merupakan IP (Intellectual Property) pertama dari perusahaan Garis Sepuluh Corporation. Adapun episode yang akan diteliti, dalam dalam skripsi ini yaitu episode “Pagi Yang Indah”. Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan makna pesan dakwah yang terkandung dalam episode “Pagi yang Indah” berdasarkan aspek aqidah syariah dan akhlak dan juga untuk mengetahui bentuk pesan dakwah yang dominan dalam episode ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan model analisis semiotik Charles Sanders Peirce. Hasil dalam penelitian ini, secara umum peneliti menemukan 11 scene. 6 diantaranya berisi pesan dakwah, yang terdiri dari pesan akidah, syariah dan akhlak. Meliputi ibadah sholat, akhlak terpuji, iman kepada Allah SWT, dan iman kepada hari akhir (kiamat). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Dakwah en_US
dc.subject Film en_US
dc.subject Animasi en_US
dc.subject Semiotika en_US
dc.title Dakwah Dalam Media Youtube (Analisis Pesan Dakwah terhadap Serial Animasi Riko The Series) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account