DSpace Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Mitra BMT (studi kasus di BMT Al-Fath IKMI Ciputat)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Afidah Wahyuni
dc.contributor.author Sri Rahayu, 07110479
dc.date.accessioned 2023-05-12T04:18:01Z
dc.date.available 2023-05-12T04:18:01Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2607
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi kualitas pelayanan dan kepuasan mitra berpengaruh terbadap loyalitas mitra BMT Al-Fath IKMI Ciputat. Populasi dalam penelitian ini adalah mitra BMT Al-Fath IKMI. Sampel yang diambil sebanyak 30 mitra dengan ketentuan responden adalah mitra tetap BMT Al-Fath IKMI Ciputat. Adapun untuk pengukuran indeks, penelitian ini menggunakan skala likert yaitu dengan memberikan skor dalam setiap jawaban responden yang kemudian data tersebut diolah untuk menentukan basil penelitian. Berdasarkan basil penelitian, diperoleb data analisis, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Urutan secara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh antara kualitas pelayanan dengan kepuasan adalah variabel kepuasan yaitu t-hitung sebesar 3,677, sedangkan t-hitung untuk kualitas pelayanan sebesar 0,321. Dari Uji t signifikansi parameter individual, dapat diketahui bahwa antara variabel kualitas pelayanan dengan loyalitas terdapat pengaruh yang sangat rendah yaitu sebesar 0,0751>0,005, sedangkan variabel kepuasan dengan loyalitas terdapat pengaruh yang sangat kuat yaitu sebesar 0,001 <0,005. Hasil penelitian dari skripsi ini adalah antara variabel independen (kualitas pelayanan dan kepuasan) dengan variabel dependen (loyalitas) terdapat pengaruh tetapi tingkat pengaruhnya rendah banya 36,9%, sedangkan selebihnya (63,1%) dipengaruhi faktor lain diluar faktor yang sedang diuji peneliti saat ini, mengingat bahwa faktor yang mempengaruhi loyalitas BMT Al-Fath IKMI bukan banya kualitas pelayanan dan kepuasan saja. BMT Al-Fath IKMI Ciputat perlu mempertahankan elemen kepuasan mitra dan meningkatkan elemen-elemen yang mempengaruhi loyalitas mitra selain kepuasan, seperti salah satu elemen yang sedang diteliti saat ini yaitu kualitas pelayanan, produk, citra BMT, promosi, nilai pelanggan, kedekatan emosional serta masih banyak faktor-faktor yang lain. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan en_US
dc.subject Kepuasan en_US
dc.subject Loyalitas en_US
dc.title Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Mitra BMT (studi kasus di BMT Al-Fath IKMI Ciputat) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account