DSpace Repository

Strategi Pemasaran Asuransi Syariah Melalui Produk Bancassurance

Show simple item record

dc.contributor.advisor AM. Hasan Ali
dc.contributor.author Nor Hidayatul Falah, 08110507
dc.date.accessioned 2023-05-12T04:35:12Z
dc.date.available 2023-05-12T04:35:12Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2611
dc.description.abstract Pemasaran adalah bekerja dengan pasar untuk mengaktualisasi potensi pertukaran dengan maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Bagi suatu perusahaan tidaklah mudah untuk memuaskan semua orang. Jumlah konsumen yang begitu banyak, berpencar dan beraneka-ragam tuntutannya membuat perusahaan harus selektif dalam menawarkan produk atau jasanya kepada kelompok-kelompok konsumen yang sekiranya dapat memuaskan kebutuhan mereka. Untuk itu perlu dipilah-pilah agar mempermudah perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasarannya. Kegiatan memilah-milah ini dinamakan dengan segmentasi. Setelah memilah-milah menjadi beberapa segmen, langkah selanjutnya yang dilakukan yaitu dengan menentukan strategi. Dengan melakukan strategi ini perusahan harus pintar menetapkan arah atau tujuan kegiatan yang dilakukan, seperti dalam menentukan produk yang dikeluarkan, tempat yang dijadikan promosi penjualan produk, dan penetapan harga yang sesuai dengan kondisi pembeli. Hal-hal yang ada di atas juga dilakukan oleh perusahaan asuransi dalam memasarkan produknya, contoh perusahaan Takaful dalam memasarkan produk Bancassurance. Bancassurance adalah Kerja sama yang dilakukan antara perusahaan asuransi dengan bank. Masyarakat masih rancu dalam mendengar istilah Bancassurance. Oleh karena itu, perusahaan Takaful harus berusaha penuh dalam memasarkannya. Dalam pemasarannya, yang di lakukan Takaful yaitu dengan memperhatikan sasaran pemasarannya, yang di kenal dengan istilah "4P" (produk, place, price dan promotion). Dalam Pemasaran Produk Bancassurance, strategi yang digunakan oleh PT Takaful yaitu dengan mengeluarkan produk yang di sesuaikan dengan kebutuhan bank. Kualitas produk juga sangat diperhatikan oleh perusahaan Takaful serta meningkatkan pelayanannya. Agar cepat berkembang, maka perusahaan Takaful memilih tempat-tempat yang strategis yaitu dengan mengajak kerja sama dengan bank. Untuk menarik nasabah, perusahaan Takaful memberikan harga premi yang bisa bersaing dengan perusahaan asuransi lainnya. Pada penelitian ini, penulis melakukan penelitian di PT Takaful Keluarga di Mampang Jakarta Selatan.Data yang penulis gunakan yaitu data primer yang diperoleh oleh orang yang berkompeten yaitu kepala Devisi PT Takaful, dan pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dari penelitian ini, bisa diketahui bahwa produk Bancassurance yang dikeluarkan oleh PT Takaful adalah produk yang sangat efektif dan sangat bagus kualitasnya sehingga bisa memberikan keuntungan baik bagi bank maupun perusahaan Takaful serta menguntungkan nasabah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.subject Asuransi Syariah en_US
dc.subject Bancassurance en_US
dc.title Strategi Pemasaran Asuransi Syariah Melalui Produk Bancassurance en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account