DSpace Repository

Pola Komunikasi Antarpribadi (Studi Kasus: Anak Berkebutuhan Khusus Di SD Inklusi Al Irsyad Al Islamiyyah Depok)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Upi Zahra
dc.contributor.author Maria Zulfa, 18220089
dc.date.accessioned 2023-06-05T05:48:41Z
dc.date.available 2023-06-05T05:48:41Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2973
dc.description.abstract Pada pendidikan dasar, kehadiran pendidikan inklusi perlu mendapat perhatian lebih. Pendidikan inklusif sebagai layanan pendidikan yang mengikutsertakan anak berkebutuhan khusus belajar bersama anak normal (non-ABK) usia sebayanya. Menerima anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar terdekat merupakan mimpi yang indah yang dirasakan orang tua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan komunikasi antarpribadi antara guru dengan murid inklusi serta orang tua. Sebagai makhluk sosial, yang dimana manusia senantiasa ingin berinteraksi dengan manusia lainnya. Sama halnya dengan komunikasi antarpribadi yaitu proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara bertatap muka dimana pengirim dapat menyampaikan pesan secara langsung dan penerima pesan dapat menerima dan menanggapi secara langsung. Komunikasi antarpribadi ini di SD Inklusi Al Irsyad Al Islamiyyah Depok. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang berfungsi untuk mendeskripsikan pola komunikasi yang terjadi pada anak berkebutuhan khusus, sedangkan pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif yakni mencari suatu penjelasan, atau memaparkan observasi secara langsung dengan melihat fakta dan realita. Pola komunikasi antarpribadi (studi kasusu: anak berkebutuhan khusus di SD Inklusi Al Irsyad Al Islamiyyah Depok) dianalisis menggunakan teori kebutuhan hubungan interpersonal yang dikemukakan oleh William Schutz. Dari permasalahan di atas, peneliti menentukan pada rumusan masalah, pertama, apakah faktor pendukung dan penghambat proses terjadinya komunikasi antara guru dengan murid di SD Inklusi Al Irsyad Al Islamiyyah Depok? dan kedua, bagaimana cara orang tua mengatasi anak ketika sedang tantrum di rumah ataupun di luar rumah? dari hasil penelitian yang dilakukan dapat ditemukan pola komunikasi antarpribadi yang Ibu Neneng Nurhasanah lakukan dengan anaknya yang memiliki gejala temper tantrum dirumah dan hambatan komunikasi yang ditemukan karena waktu yang terbatas, karena pekerjaan, dan kondisi emosi yang kurang baik karena lelah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Komunikasi Antarpribadi en_US
dc.subject Anak Berkebutuhan Khusus en_US
dc.subject Teori Kebutuhan en_US
dc.subject Hubungan Interpersonal en_US
dc.title Pola Komunikasi Antarpribadi (Studi Kasus: Anak Berkebutuhan Khusus Di SD Inklusi Al Irsyad Al Islamiyyah Depok) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account