DSpace Repository

Komunikasi Antarpribadi Ustazah dan Santriwati dalam Memotivasi Membaca dan menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Makkiyah Provinsi Jambi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhamad Hizbullah
dc.contributor.author Rapiqoh, 18220101
dc.date.accessioned 2023-06-05T06:02:28Z
dc.date.available 2023-06-05T06:02:28Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2977
dc.description.abstract Kurangnya motivasi membaca Al-Qur’an pada Santriwati merupakan salah satu faktor penyebab menurunnya minat dan kesadaran Santriwati dalam membaca Al-Qur’an. Dalam lingkungan keluarga, komunikasi antarpribadi berlangsung dalam pengasuhan dan pengawasan orang tua terhadap prilaku anak-anak mereka. Kebanyakan orang tua yang memilih untuk mendidik anak-anaknya di Pondok Pesantren dan berharap agar anak-anak mereka dapat memiliki ilmu agama sekaligus ilmu umum yang baik, berakhlak mulia dan memiliki konsep diri yang mengarah pada hal positif jika di didik di Pondok Pesantren. Teori Atribusi yang dicetuskan oleh Fritz Heider merupakan teori yang menjelaskan bagaimana proses penyebab dan motif tentang prilaku seseorang itu terjadi. Prilaku yang berhubungan dengan krakteristik dan sikap individu dapat dikatakan bahwa dengan melihat prilakunya maka akan dapat mengetahui sikap dan krakteristik orang tersebut serta dapat memprediksi prilakunya dalam menghadapi situasi tertentu. Pendekatan Kualitatif adalah pendekatan yang dipilih peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses komunikasi antarpribadi yang terjadi antara Santriwati dan Ustazah dalam memotivasi membaca Al-Qur’an. Metode Fenomenologi dan Pradigma Konstruktivisme yang digunakan dalam penelitian ini. Objek yang diambil yaitu Santriwati Madrasah Aliyah dan subjeknya para Ustazah di Pondok Pesantren Al-Makkiyah provinsi ambi. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bentuk komunikasi Antarpribadi Ustazah dan Santriwati dalam Memotivasi Membaca dan menghafal Al-Qur’an. Adapun ustazah dapat melakukan interaksi langsung dengan para santriwatinya lewat motivasi-motivasi yang diberikan sehingga dapat diterima langsung oleh para santriwati dengan reaksi yang berbeda-beda dari para santriwati tersbut. Mengajar adalah proses yang dilakukan Ustazah kepada Santriwati yang terjadi dalam proses belajar mengajar antara Ustazah dan Santriwati. Dimana para Ustazah dituntut untuk bisa membimbimbing para santrinya agar bisa membaca dan menghafal Al-Qur’an secara baik dan benar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Komunikasi Antarpribadi en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Pondok Pesantren en_US
dc.subject Teori Atribusi en_US
dc.title Komunikasi Antarpribadi Ustazah dan Santriwati dalam Memotivasi Membaca dan menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Makkiyah Provinsi Jambi en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account