DSpace Repository

Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswi SMP Islam Nurul I’tishom Bintara Bekasi Barat (Kajian Living Qur’an)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Hanissa Nidianazhari, 19211191
dc.date.accessioned 2023-11-16T04:10:59Z
dc.date.available 2023-11-16T04:10:59Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3396
dc.description.abstract Kualitas membaca Al-Qur’an sangat penting guna mempelajari nilai-nilai ajaran yang terkandung di dalamnya. Namun masih banyaknya anak yang terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an membuktikan masih adanya problem dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an siswi yang kurang memperhatikan kualitas membaca Al-Qur’an. Terutama di SMP Islam Nurul I’tishom Bintara Bekasi Barat, di antaranya: terkait bacaan Al-Qur’an yang masih kurang dalam pelafalan yang belum sesuai ilmu tajwid. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas bacan Al-Qur’an siswi di SMP Islam Nurul I’tishom Bintara Bekasi Barat. Penelitian ini merupakan kajian living Qur’an yang mengkaji tentang kualitas bacaan Al-Qur’an dengan menggunakan metode Asy-Syafi’i. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan kajian lapangan (field research). Data primer dalam penelitian ini terdiri dari 30 informan, 4 di antaranya merupakan guru Al-Qur’an dan 26 informan merupakan siswi kelas IX SMP Islam Nurul I’tishom Bekasi. Sedangkan data sekundernya terdiri dari data yang berbentuk jurnal, hadis, dan kitab yang mendukung dalam isi penelitian penulis. Adapun dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas bacaan Al-Qur’an siswi kelas IX SMP Islam Nurul I’tishom Bekasi sudanh dianggap baik karena hanya beberapa orang yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai buku Metode Asy-Syafi’i. Hal ini dilihat berdasarkan hasil pengamatan atau observasi peneliti melalui beberapa indikator di antaranya adalah dari segi tajwid. Adapun Faktor yang mempengaruhi kualitas bacaan Al-Qur’an siswi kelas IX SMP Islam Nurul I’tishom Bekasi diataranya adalah: 1) Rendahnya minat dan motivasi siswi dalam belajar Al-Qur’an, 2) Lemahnya kemampuan siswa, dan 3) Siswi merasa bosan dalam pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Living Qur’an en_US
dc.subject Bacaan Al-Qur’an en_US
dc.subject SMP Islam Nurul I’tishom en_US
dc.title Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswi SMP Islam Nurul I’tishom Bintara Bekasi Barat (Kajian Living Qur’an) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account