DSpace Repository

Kualitas Tilawah Al-Qur’an Tunanetra (Studi Living Qur’an pada Peserta MTQ Tunanetra di Provinsi Riau)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sofian Effendi
dc.contributor.author Athifa Kamila Fahriah, 19211146
dc.date.accessioned 2023-11-16T05:49:27Z
dc.date.available 2023-11-16T05:49:27Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3402
dc.description.abstract Salah satu cabang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang diperlombakan di Indonesia mulai dari tingkat kelurahan sampai nasional adalah tilawah cabang tunanetra. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis tentang peserta MTQ tunanetra di Provinsi Riau terhadap bacaan Al-Qur’annya. Dengan keterbatasan penglihatan yang mereka miliki, terdapat kelebihan yang tidak dimiliki semua orang normal. Hal ini dapat dicapai karena dorongan motivasi dari dalam dirinya serta motivasi yang berasal dari orang-orang di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas bacaan Al-Qur’an peserta MTQ Tunanetra di Provinsi Riau serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas bacaan Al-Qur’an tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif guna meneliti fenomena Living Qur’an, dimana sumber data primer yang penulis dapati langsung dari subjek penelitian sebagai sumber informasi berupa hasil observasi maupun wawancara dengan peserta MTQ cabang bacaan Qur’an bagi tunanetra dan Pembina LPTQ Provinsi Riau. Kemudian sumber data sekunder yang dipakai berupa studi pustaka kitab-kitab pendukung analisis kualitas bacaan Al-Qur’an. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Metode Maisura sebagai parameter pengukuran kualitas bacaan Al-Qur’an tunanetra. Setelah menganalisa kualitas bacaan Al-Qur’an ke 9 peserta MTQ tunanetra rata-rata kualitas bacaan Al-Qur’an peserta MTQ di Provinsi Riau terbilang sudah sangat baik, karena hanya terdapat beberapa peserta saja yang melakukan kesalahan ringan pada bacaan. Kualitas bacaan Al-Qur’an ini tidak terlepas dari adanya faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi penanaman konsep diri dan semangat yang tinggi, dukungan dari orang tua dan lingkungan, adanya metode yang tepat, dan kualitas tenaga pengajar. Adapun faktor penghambatnya meliputi kurangnya pengetahuan tentang Al-Qur’an braille, ketiadaan tenaga pendidik yang mengusai Al-Qur’an braille, dan kurangnya durasi pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kualitas Bacaan en_US
dc.subject Al-Qur’an en_US
dc.subject MTQ Tunanetra en_US
dc.title Kualitas Tilawah Al-Qur’an Tunanetra (Studi Living Qur’an pada Peserta MTQ Tunanetra di Provinsi Riau) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account