DSpace Repository

Kualitas Bacaan Al-Qur’an (Studi Kasus Living Qur’an di Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rifdah Farnidah
dc.contributor.author Afra Nabila Pudoli, 19211130
dc.date.accessioned 2023-11-21T06:30:02Z
dc.date.available 2023-11-21T06:30:02Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3496
dc.description.abstract Penelitian ini didasari pada rasa khawatir penulis terhadap generasi muda yang mudah terpengaruh terhadap lingkungan akibat dari perubahan zaman yang begitu cepat. Perubahan zaman yang begitu cepat dapat mempengaruhi generasi muda sehingga lupa dengan nilai-nilai agama salah satunya adalah belajar membaca Al-Qur’an. Salah satu lembaga pendidikan yang dapat menjadi teladan anak remaja adalah pondok pesantren. Dengan begitu, Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang dipilih sebagai tempat penelitian. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas bacaan Al-Qur’an santriwati yang memiliki lingkungan pondok yang baik dan diterapkan kebiasaan yang baik. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah lembaga pendidikan yang memiliki program belajar atau menghafal Al-Qur’an belum tentu menjamin bahwa pelajar tersebut sudah memiliki kualitas bacaan yang baik. Sehingga dalam penelitian ini akan berfokus pada kualitas bacaan santriwati untuk mengetahui apakah benar bahwa lingkungan dapat mempengaruhi kualitas bacaan Al-Qur’an. Penelitian ini sudah dilakukan oleh Fitriyah Mahdali yang menemukan fakta bahwa dari 952 siswa di MAN 1 Malang yang termasuk ke dalam golongan sekolah madrasah, masih terdapat sekitar 49 siswa yang bahkan tidak mampu membaca Al-Qur’an. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif sehingga sumber data primer yang digunakan adalah data yang didapatkan dari lapangan dengan cara observasi participant dan wawancara kepada santriwati. Sementara untuk sumber data sekunder yang digunakan adalah buku-buku dan berbagai artikel yang ditulis dalam jurnal terkait dengan tema penelitian. Penilaian menggunakan 2 aspek penilaian berdasarkan kategori kesalahan secara umum yaitu lahn jaliy dan lahn khafi yang dilakukan kepada 34 santriwati kelas 5 atau kelas 2 SMA/sederajat. Didapatkan bahwa terdapat 25 santriwati mendapat nilai B (baik), 8 santriwati mendapat nilai C (kurang), dan 1 santriwati mendapat nilai D (sangat kurang). Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa rata-rata kualitas bacaan Al-Qur’an santriwati di Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang termasuk ke dalam kategori nilai B (baik). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kualitas Bacaan Al-Qur’an en_US
dc.subject Metode Maisūrā en_US
dc.subject Amaliyyah en_US
dc.title Kualitas Bacaan Al-Qur’an (Studi Kasus Living Qur’an di Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account