DSpace Repository

Strategi Konvergensi Penyiaran Dalam Mempertahankan Eksistensinya di Era Digital (Studi Kasus Bens Radio 106,2 FM)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhamad Hizbullah
dc.contributor.author Sabillah Hermansah, 19220150
dc.date.accessioned 2023-12-11T04:20:16Z
dc.date.available 2023-12-11T04:20:16Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3524
dc.description.abstract Konvergensi media merupakan perpaduan antara media konvensional ke media digital, dimana masyarakat akan menggunakan satu perangkat untuk dua fungsi sekaligus, yaitu mengakses internet dan mendengarkan radio. Radio dapat menggunakan media baru sebagai platform untuk lebih dekat dengan pendengar nya, bahkan akan terasa lebih mudah bagi pendengar untuk mencari informasi tentang stasiun radio favorit mereka. Bens Radio juga mengambil bentuk baru dalam dunia penyiaran. Bentuk baru ini hadir dalam website, aplikasi, maupun media sosial yang dapat diakses Pendengar. Konvergensi siaran radio melalui internet tentunya akan selalu menggunakan teknologi yang modern dan fleksibel. Ini merupakan suatu langkah baru untuk mengikuti perkembangan teknologi dan juga perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi konvergensi yang dilakukan oleh penyiaran Bens Radio 106,2 FM dalam mempertahankan eksistensi di era digital dan tetap menjadi pilihan pendengarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. sumber data dalam penelitian ini adalah General Manager, Produser, Head Digital dan Penyiar Bens Radio, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan strategi konvergensi yang dilakukan Bens Radio untuk mempertahankan eksistensi di era digital menggunakan teori konvergensi Henry Jenkins, maka Bens Radio menerapkan 3M (Multimedia, Multichannel dan Multiplatform) yang merupakan bagian dari strategi konvergensi media, dan mampu menerapkan strategi konvergensi media untuk memperluas pendengarnya agar dapat bersaing di tengah era digitalisasi dan aktivitas siaran yang dilakukan. Berikut tiga langkah strategi konvergensi media yang digunakan Bens Radio: 1. Strategi Pengoptimalan Multimedia; 2. Strategi Pemanfaatan Multichannel; 3. Strategi Pemaksimalan Multiplatform. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Konvergensi en_US
dc.subject Bens Radio en_US
dc.subject Penyiaran en_US
dc.subject Eksistensi en_US
dc.subject Digitalisasi en_US
dc.title Strategi Konvergensi Penyiaran Dalam Mempertahankan Eksistensinya di Era Digital (Studi Kasus Bens Radio 106,2 FM) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account