DSpace Repository

Kualitas Hafalan Santri Boarding School (Studi di SMP dan MA Unggulan Pon-Pes Habibulloh Banyuwangi)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad Husen
dc.contributor.author Hanna Nazilatun Ni’mah, 19211192
dc.date.accessioned 2024-05-02T06:49:43Z
dc.date.available 2024-05-02T06:49:43Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3551
dc.description.abstract Skripsi ini dilatar belakangi karena adanya upaya mengetahui tingkat efektivitas kegiatan pondok pesantren sebagai aktivitas santri boarding school. Untuk menganalisis kualitas hafalan dengan ketepatan bacaan Al-Qur’an. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas hafalan santri boarding school dengan ketepatan bacaan Al-Qur’an dan apa saja faktor pendukung dan penghambat kualitas hafalan Al-Qur’an santri boarding school di SMP dan MA Unggulan Ponpes Habibulloh Banyuwangi. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya terdapat pada objek analisis dan kegiatan yang menunjang proses menghafal Al-Qur’an. Persamaannya terdapat pada subjek yakni analisis kualitas hafalan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan living Qur’an. Metode yang digunakan adalah metode desktiptif analisis, serta menggunakan teori pedekatan tajwid yang berdasarkan tingkat kemampuan bacaan Al-Qur’an dalam menghafal Al-Qur’an juga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di SMP dan MA Unggulan Ponpes Habibulloh Banyuwangi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian kualitas hafalan santri boarding school dengan kualitas membaca Al-Qur’an dengan berbagai kegiatan sebagai penunjang dalam menghafal Al-Qur’an dinilai efektif. Hasil dari pembuktian kualitas hafalan dengan kualitas bacaan Al-Qur’an terdapat 5 santri dari 20 santri (25%) dengan nilai baik sekali (A), 12 santri dari 20 santri (60%)dengan nilai baik (B), dan 3 santri dari 20 santri (15%) dengan nilai cukup (C). Adapun faktor pendukung diantaranya: motivasi diri, selalu berdo’a, semangat dalam menghafal, lingkungan dan fasilitas yang mendukung dalam menghafal Al-Qur’an. Faktor yang menghambat diantaranya: tidak dapat mengatur waktu, kurangnya konsentrasi atau istiqamah, rasa malas dan kurang nya menguasai makhorijul huruf dan tajwid. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Efektifitas en_US
dc.subject Kualitas Hafalan en_US
dc.subject Tahfidz Al-Qur’an en_US
dc.title Kualitas Hafalan Santri Boarding School (Studi di SMP dan MA Unggulan Pon-Pes Habibulloh Banyuwangi) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account