Abstract:
Perkembangan yang cepat dalam zaman saat ini telah mengakibatkan perkembangan yang signifikan dalam media komunikasi, termasuk dalam konteks media dan strategi dakwah. Seiring dengan perkembangan media komunikasi, terdapat beragam pilihan media yang dapat digunakan untuk menyebarkan pesan dakwah. Salah satu bentuknya adalah penggunaan film sebagai alat dakwah, yang bisa diadopsi dengan mudah oleh siapa saja dan juga mudah diakses oleh masyarakat. Film Buya Hamka Vol. 1 disajikan dengan mengandung berbagai nilai positif dan pesan Islam yang disampaikan secara tegas dan sederhana, yang relevan dengan keseharian kehidupan.
Dengan mempertimbangkan konteks yang telah dijelaskan, tujuan utama dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pesan dakwah yang ada dalam Film Buya Hamka Vol. 1. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Selain itu, penelitian ini memanfaatkan teori analisis semiotika Roland Barthes yang memusatkan perhatian pada tiga aspek utama dalam analisis, yaitu makna Denotatif, Konotatif, dan Mitos. Dalam hasil penelitian, teridentifikasi 20 pesan dakwah yang dapat dikelompokkan menjadi 8 pesan dakwah mengenai keimanan (akidah), 7 pesan dakwah tentang hukum Islam (syariat), dan 5 pesan dakwah tentang akhlak