dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Penerapan Etika
Bisnis Islam terhadap Strategi Marketing di PT. Maju Bersama
Lancar khususnya dalam nilai-nilai etika bisnis Islam terhadap
strategi marketing, dan dampak penerapan etika Bisnis Islam terhadap
strategi marketing PT. Maju Bersama Lancar Depok.
Penelitian ini adalah Penelitian kualitatif. dengan memadukan
antara penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan yang kemudian
dikumpulkan dan disimpulkan. Data yang digunakan bersumber dari
hasil interview (wawancara), dokumentasi, dan observasi di PT. Maju
Bersama Lancar Depok.
Hasil Penelitian ini adalah, Pertama, Ada lima nilai etika
Bisnis Islam yang diterapkan pada strategi marketing PT. Maju
Bersama Lancar yaitu: a. Kejujuran, di mana Perusahaan memastikan
takaran tabung gas yang dipilih Pelanggan (Konsumen) tidak kurang
atau tidak lebih. b. Keadilan, di mana Perusahaan memberikan
pelayanan yang baik tanpa membeda-bedakan. c. Kepercayaan
(amanah), di mana Perusahaan menerima masukan dan komplain saat
terjadi kesalahan distribusi gas. d. Simpatik, di mana Perusahaan
mengola emosi dengan tampilan wajah ramah dan simpatik di depan
Pelanggan (Konsumen) e. Kecerdasan, di mana Perusahan ini
mempunyai kecerdasan atau kepandaian untuk menjalankan strategi
bisnis sesuai Undang-Undang dan ajaran Islam yang berlaku. Kedua,
Penerapan etika bisnis Islam telah berdampak positif terhadap
keberhasilan strategi marketing PT. Maju Bersama Lancar. Faktanya:
a. Dari sisi Pelanggan(konsumen), adanya peningkatan Pembeli, b.
Dari isi Karyawan, faktanya adanya peningkatan kinerja Karyawan,
dan c. Dari sisi Perusahaan, adanya Peningkatan Penjualan atau
pemasaran perbulan mencapai sehingga laporan keuangan perbulan
atau pertahunnya semakin meningkat |
en_US |