dc.description.abstract |
Komunikasi adalah pertukaran informasi yang disampaikan melalui individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Sebagai manusia pasti membutuhhkan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, mau dimanapun manusia, pasti membutuhkan komuikasi. Komunikasi antar budaya merupakan bagian dari komunikasi itu sendiri. Komunikasi antar budaya merupakan dua elemen berupa komunikasi dan budaya yang tidak dapat dipisahkan dan menyatu, Budaya sendiri merupakan sebuah identitas seseorang yang digunakan untuk mengetahui latar belakang orang tersebut.
Dari latar belakang diatas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi antar budaya dalam konteks mahasiswa asal Indonesia yang melanjutkan pendidikan di luar negeri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis unsur-unsur kebudayaan menggunakan model Clyde Kluckhon dan Koentjaranigrat. Teknik pengumpulann data penelitian ini menggunakan analisis isi.
Hasilnya, penulis mengklasifikasi bahwa mahasiswa Indonesia menggambarkan sebuah negara pada kanal Youtube kedalam tujuh unsur-unsur kebudayaan yang diciptakan oleh Clyde Kluchkon dan Koentjaraningrat. Tujuh unsur-unsur kebudayaan merupakan sistem bahasa, sistem pengetahuan, sistem organisasi sosial, sistem perlatan hidup dan teknologi, sistem mata pencaharian, sistem religi, dan kesenian. |
en_US |