DSpace Repository

Pemasaran Produk Asuransi Syariah dan Kesesuaiannya dengan Fatwa DSN-MUI Nomor 139/DSN-MUI/VIII/2021 Tentang pemasaran Produk Asuransi Berdasarkan Prinsip Syariah (Studi Kasus Pada PT Asuransi Takaful Keluarga)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khoirunnisa
dc.contributor.author Aminatuzzuhriyah, 20111022
dc.date.accessioned 2024-10-24T09:49:29Z
dc.date.available 2024-10-24T09:49:29Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3798
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini, pihak pemasar yang memasarkan produk asuransi syariah tidak sesuai dengan syariat islam. Seringkali pihak pemasar tidak mengikuti prinsip syariah demi mengejar komisi, akibatnya pihak pemasar yang memasarkan produknya dengan cara yang tidak sesuai dengan ajaran islam yang pada akhirnya dapat merugikan nasabah dan merusak reputasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik pemasaran produk asuransi syariah pada PT Asuransi Takaful Keluarga. dan untuk mengetahui kesesuaian praktik pemasaran di PT Asuransi Takaful Keluarga dengan Fatwa DSN-MUI No 139/DSN-MUI/VIII/2021 tentang pemasaran produk asuransi berdasarkan prinsip syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif berupa studi kasus dengan pendekatan normatif dengan sumber data primer dari wawacara pihak sales manager, agen dan data sekunder yang diperoleh dari jurnal, buku, artikel dan referensi yang berkaitan dengan pemasaran produk asuransi berdasarkan dengan prinsip syariah. Penelitian di peroleh dari hasil observasi terpusat dan wawancara kepada pihak PT Asuransi Takaful Keluarga Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Praktik pemasaran pada PT Asuransi Takaful Keluarga menggunakan praktik pemasaran secara langsung (direct marketing) dan pemasan tidak langsung (indirect marketing). Dalam hal pemasaran, PT Asuransi Takaful Keluarga menggunakan strategi 4P (Product, price, place dan promotion). Kedua, Praktik pemasaran produk asuransi syariah pada PT Asuransi Takaful Keluarga telah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI Nomor 139/DSNMUI/VIII/2021 tentang pemasaran produk asuransi berdasarkan prinsip syariah en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pemasaran Syariah en_US
dc.subject Fatwa DSN-MUI en_US
dc.subject Asuransi Syariah en_US
dc.title Pemasaran Produk Asuransi Syariah dan Kesesuaiannya dengan Fatwa DSN-MUI Nomor 139/DSN-MUI/VIII/2021 Tentang pemasaran Produk Asuransi Berdasarkan Prinsip Syariah (Studi Kasus Pada PT Asuransi Takaful Keluarga) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account