DSpace Repository

Tawassul Dalam Tafsir Al-Muniֿr Karya Wahbah AlZuḥailiֿ(W. 2015 M) (Studi Analisis Q.S Al-Maֿidah [5]: 35 Dan Q.S Al-Israֿ [17]: 57)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Alipatullut Fiyatusyarifah, 20211355
dc.date.accessioned 2024-10-28T08:01:58Z
dc.date.available 2024-10-28T08:01:58Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3850
dc.description.abstract Agama Islam banyak membahas tentang cara beribadah yang baik dan benar (sesuai syariat Islam), Islam mensyariatkan kita untuk berdoa, dalam berdoa kepada Allah Swt dikenal dengan adanya wasiֿlah (perantara). Secara umum tawassul berarti mengambil sesuatu sebab yang dibenarkan syara’ untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Pada penelitian sebelumnya, penulis hanya mendapati penelitian yang membahas tawassul secara umum dalam masyarakat. Maka dari itu, penelitian ini membahas mengenai tawassul dalam Tafsir Al-Muniֿr karya Wahbah al-Zuḥailiֿ(studi analisis Q.S Al-Maֿidah [5]: 35 dan Q.S Al-Israֿ[17]: 57) Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penulis mengambil data dari karya tafsir yaitu Tafsir Al-Muniֿr karya Wahbah al-Zuḥailiֿ. Sedangkan yang terhitung sumber sekunder adalah kitab tafsir karya ulama lain, kitab-kitab hadis. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah kepustakaan (library-research). Dalam penelitian menggunakan metode analisis isi (content-analisys) dengan menggunakan pendekatan sufistik teori al-Ghazali. Hasil penelitian ini tawassul menurut Tafsir Al-Muniֿr karya Wahbah al-Zuḥailiֿ diperbolehkan dengan cara melakukan amal sholeh, dengan mendoakan orang yang masih hidup, dengan mendoakan nabi Muhammad Saw. Disamping itu, Wahbah menukil Tafsir Al-Alusi yaitu tawassul diperbolehkan tetapi tidak dijelaskan mengenai tawassul yang tidak diperbolehkan. Lalu Wahbah menjelaskan dalam karyanya yakni Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhu, bahwa tawassul yang dibenarkan adalah yang dilakukan dengan berdoa kepada Allah melalui perantaraan Nabi Muhammad Saw, orang-orang saleh, atau amal-amal baik yang dilakukan oleh orang tersebut. Misalnya, seseorang bisa berdoa, "Ya Allah, dengan perantaraan cintaku kepada Nabi-Mu, kabulkanlah doaku. Sementara, al-Zuḥailiֿ mengkritik bentuk tawassul yang dianggap bisa mengarah pada kemusyrikan, yaitu ketika seseorang meminta langsung kepada orang yang sudah wafat atau menganggap perantara tersebut memiliki kekuatan independen selain Allah. Dalam hal ini, al-Zuḥailiֿ menegaskan bahwa hanya Allah yang memiliki kekuatan untuk mengabulkan doa, dan perantara tersebut tidak boleh dianggap sebagai pihak yang mandiri dalam memberikan manfaat atau mudarat en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Tawassul en_US
dc.subject Tafsir Al-Muniֿr en_US
dc.subject Wahbah al-Zuḥailiֿ. en_US
dc.title Tawassul Dalam Tafsir Al-Muniֿr Karya Wahbah AlZuḥailiֿ(W. 2015 M) (Studi Analisis Q.S Al-Maֿidah [5]: 35 Dan Q.S Al-Israֿ [17]: 57) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account