Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kondisi masyarakat,
terkhusus WNI yang tinggal di Turki, akan minimnya pengetahuan
mengenai rasm dan ḍabṭ. Ketika mempraktikkan membaca Al-Qur`an
dengan Mushaf Turki (selanjutnya disingkat dengan MT), walau
hakikatnya Turki juga menggunakan Riwayat Ḥafṣ akan jalur Qirā`ah-nya,
namun tidak menjadi jaminan penulisan mushafnya juga sama persis
dengan Mushaf Standar Indonesia (selanjutnya disingkat dengan MSI).
Akibatnya hal ini memicu pertanyaan bagi masyarakat awam yang selama
ini menganggap bahwa semua mushaf di dunia itu sama dengan Mushaf
Standar Indonesia, ternyata pernyataan tersebut salah. Lebih parahnya ada
yang beranggapan bahwa MSI- lah yang merupakan mushaf paling benar.
Berbekal dari fenomena inilah penulis tertarik untuk mengangkat tema
komparasi penulisan dan tanda baca antara MSI dengan MT.
Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
dengan library research (kajian pustaka) yang menerapkan pendekatan
teori Gānim Qaddūrī dengan karyanya al-Muyassar fī ‘Ilm Rasm al-Musḥaf
wa Ḍabṭihī serta memadukan pendekatan dari Aḥmad Muḥammad Abu
Zaitahar dalam kitab al-Sabīl ilā Ḍabṭi Kalimāt al-Tanzīl khusus untuk
ḍabṭ. Batasan penelitian penulis hanya menganalisis persamaan dan
perbedaan karakteristik rasm dan ḍabṭ di Juz 26 dan awal Juz 27.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik rasm
yang digunakan oleh MSI dan MT adalah rasm ‘uṡmānī. Sedangkan dalam
praktiknya penerapan MT tidak sepenuhnya menggunakan rasm ‘uṡmānī
sehingga disebut sebagai rasm ‘uṡmānī asasi (gabungan ‘uṣmānī dan
imlā`ī). Kaidah yang tidak menggunakan rasm ‘uṡmānī bagi MT yaitu
kaidah ḥażf al-alif wa al- yā`, ziyādah al-yā`, dan sebagian kecil badal alḥarf serta aḥkām al-hamzāt. Sedangkan karakteristik ḍabṭ, secara umum
penerapannya menganut tanda baca pada Mazhab Masyāriqah, sesuai
dengan pendekatan al-Muyassar maupun al-Sabīl. Namun demikian
terdapat beberapa pengecualian yang termasuk ke dalam kategori
perbedaan yang selengkapnya terdapat di Bab IV maupun Kesimpulan.