Abstract:
Skripsi dengan judul “Dalam Ḍabṭ Mushaf Kuno Nusantara: Studi
Komparatif Mushaf Kuno Jawa Timur dan Mushaf Kuno Jawa Tengah”
yang ditulis oleh Halimahtushadia dengan NIM 20211406 Prodi Ilmu AlQur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Ilmu AlQur’an Jakarta, tahun 2024 dilatarbelakangi dengan orang orang yang
banyak menganggap bahwa mushaf kuno tidak memiliki arti apa apa dan
terbukti dengan sedikitnya penelitian tentang mushaf kuno. Dan tidak
banyak yang mengkaji aspek ulumul qur’an dalam mushaf kuno dan
penelitian ini penulis merumuskan dua masalah pokok yaitu Bagaimana
bentuk penggunaan dabt dalam mushaf kuno jawa timur dan jawa tengah
dan bagaimana perbandingan dabt pada dua mushaf ini?
Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif berupa penelusuran
perpustakaan dan internet research. Dan metode yang dijadikan penelitian
ini adalah deskriptif analis dan deskriptif komparatif. Juga Teknik
pengumpulan data menggunakan deskriptif analisis dan analisis
komparatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik
dokumentasi dan wawancara. Dan sumber data primer menggunakan
mushaf kuno jawa timur dan mushaf kuno jawa tengah dan data
sekundernya berasal dari buku, jurnal, kitab-kitab, skripsi maupun tesis
yang masih berhubung dengan yang penulis teliti.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada mushaf kuno jawa
timur dan mushaf kuno jawa tengah memiliki persamaan dan perbedaan
pada dabt (tanda baca yang digunakan) persamaanya yaitu harakat (fathah,
kasrah dan dammah) tanwin bertemu ( izhar, ikhfa’lafadz yang diakhiri ta
marbutah, lafadz yang diakhiri alif gairu maqsur, lafadz yang diakhiri
huruf hamzah)Nun sukun bertemu (izhar, ikhfa’,idgham, iqlab)
isymam,sukun, (tanda mad)mad tabi’I,mad jaiz munfasil, (hukum hamzah)
hamzah qata’ dibaca tahqiq ,hamzah dibaca tashil, alif wasal,hazf
(alif,wāwu,ya),lam alif. Sedangkan perbedaannya Tanwin ( idgham naqis
dan idgham kamil), iqlab, imalah , mad wajib muttasil, hamzah yang
dibaca tashil, Ziyādah (ya’ dan wāwu).