Abstract:
Komunikasi pemasaran adalah proses manajemen yang menggabungkan
semua elemen komunikasi pemasaran dan menerapkannya kepada audiens
yang sesuai untuk meningkatkan koherensi merek. Persaingan yang ketat di
dunia usaha menuntut perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
Strategi pemasaran yang tepat untuk membangun kepercayaan pelanggan
adalah komponen eksistensi perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui Bauran Komunikasi Pemasaran Travel Albin dengan teori
McCharty 4p (Product, Price, Place, Promotion) dalam meningkatkan kualitas
pelayanannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran komunikasi
pemasaran dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji dan umroh pada
Travel Albin, mengetahui efek komunikasi pemasaran dalam peningkatan
pelayanan pada Travel Albin, dan mengetahui faktor pendukung dan
penghambat promosi Travel albin. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik dan penelitian lapangan
atau field research. Pengambilan data dan sumber data didapatkan dengan
teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, kuesioner, dan studi
dokumen.
Hasil analisis dari wawancara yang penulis lakukan dengan Informan
bahwa Travel Albin sudah menggunakan elemen bauran komunikasi
pemasaran dalam meningkatkan pelayanan haji dan umrohnya, yaitu Produk,
harga, distribusi, dan promosi. Ada beberapa kegiatan elemen bauran
pemasaran yang harus dipertahankan dan dikembangkan, yaitu pelayanan
Albin tour kepada jamaah haji dan umroh. Kegiatan ini dilakukan oleh Travel
Albin dalam peningkatan citra positif perusahan.
Beberapa elemen yang perlu ditingkatkan, yaitu kegiatan promosi. Penerapan personal selling Albin dalam promosi lebih efektif dibandingkan
promosi dengan menggunakan sosial media. Berdasarkan dari hasil penelitian
tersebut maka penulis menyimpulkan bahwa kegiatan bauran komunikasi
pemasaran yang maksimal dapat memberi efek kualitas pelayanan serta
memberi kepercayaan konsumen yang berdampak pada efek dalam pencapaian
target perusahaan.