dc.description.abstract |
Kekuatan pikiran dan perasaan memiliki pengaruh yang sangat besar
bagi kehidupan seseorang. Pikiran positif akan menarik hal positif, begitupun
sebaliknya. Melalui pemahaman dan penerapan konsep The Law of Attraction
dapat membantu seseorang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.
Konsep The Law of Attraction merupakan hukum tarik menarik, apa yang kita
fokuskan pada pikiran dan perasaan itulah yang akan hadir dalam kehidupan
kita. Di Indonesia banyak yang belum memahami dan menerapkan dengan
benar mengenai konsep ini. Masih banyak terjadi kasus-kasus seperti
kemiskinan, bunuh diri, mental health dan lain-lain. Selain itu juga terdapat
anggapan bahwa konsep The Law of Attraction merupakan ajaran sesat, hal
tersebut bisa disebabkan oleh adanya penyampaian pemahaman mengenai
konsep The Law of Attraction yang kurang tepat. Platform youtube dapat
dijadikan wadah dalam mempelajari dan menyebarkan pemahaman konsep
The Law of Attraction. DN Resutari merupakan konten kreator youtube yang
menggabungkan nilai-nilai spiritual dan self development dapat dijadikan
konten rujukan dalam mempelajari konsep The Law of Attraction lebih
mendalam. Penyampaian pesan yang menarik serta mudah dipahami membuat
penulis tertarik untuk meneliti teknik komunikasi persuasif yang digunakan.
Perbedaan penelitian ini dengan penelitan terdahulu adalah terdapat
pada penggunan teknik komunikasi persuasif dalam penyampaian dakwah
secara umum di sosial media. Penulis lebih menfokuskan terhadap
penyampaian pesan mengenai konsep The Law of Attraction.
Penelitian ini menggunakan teori teknik komunikasi persuasif dari
Onong Uchjana Effendy. Terdapat lima teknik yaitu, teknik asosiasi, teknik
integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan dan teknik red-herring, kemudian
dianalisis dengan tiga video pada channel youtube DN Resutari. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode content
analysis (analisis isi). Teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan DN Resutari menggunakan teknik
komunikasi persuasif sebanyak 25 teknik, yang terdiri dari 4 teknik asosiasi,
6 teknik integrasi, 6 teknik ganjaran, 10 teknik tataan, dan 1 teknik red herring.
Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa DN Resutari sebagai konten kreator
youtube melalui penerapan teknik komunikasi persuasif mampu
menyampaikan konsep The Law of Attraction dengan baik sehingga mudah
dipahami dan diterima oleh audiens. |
en_US |