DSpace Repository

Teknik Komunikasi Persuasif DN Resutari Dalam Menyampaikan Konsep The Law of Atrraction Melalui Media Youtube

Show simple item record

dc.contributor.advisor Upi Zahra
dc.contributor.author Mustaghfiroh, 20220195
dc.date.accessioned 2024-10-31T04:32:39Z
dc.date.available 2024-10-31T04:32:39Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3966
dc.description.abstract Kekuatan pikiran dan perasaan memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan seseorang. Pikiran positif akan menarik hal positif, begitupun sebaliknya. Melalui pemahaman dan penerapan konsep The Law of Attraction dapat membantu seseorang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Konsep The Law of Attraction merupakan hukum tarik menarik, apa yang kita fokuskan pada pikiran dan perasaan itulah yang akan hadir dalam kehidupan kita. Di Indonesia banyak yang belum memahami dan menerapkan dengan benar mengenai konsep ini. Masih banyak terjadi kasus-kasus seperti kemiskinan, bunuh diri, mental health dan lain-lain. Selain itu juga terdapat anggapan bahwa konsep The Law of Attraction merupakan ajaran sesat, hal tersebut bisa disebabkan oleh adanya penyampaian pemahaman mengenai konsep The Law of Attraction yang kurang tepat. Platform youtube dapat dijadikan wadah dalam mempelajari dan menyebarkan pemahaman konsep The Law of Attraction. DN Resutari merupakan konten kreator youtube yang menggabungkan nilai-nilai spiritual dan self development dapat dijadikan konten rujukan dalam mempelajari konsep The Law of Attraction lebih mendalam. Penyampaian pesan yang menarik serta mudah dipahami membuat penulis tertarik untuk meneliti teknik komunikasi persuasif yang digunakan. Perbedaan penelitian ini dengan penelitan terdahulu adalah terdapat pada penggunan teknik komunikasi persuasif dalam penyampaian dakwah secara umum di sosial media. Penulis lebih menfokuskan terhadap penyampaian pesan mengenai konsep The Law of Attraction. Penelitian ini menggunakan teori teknik komunikasi persuasif dari Onong Uchjana Effendy. Terdapat lima teknik yaitu, teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan dan teknik red-herring, kemudian dianalisis dengan tiga video pada channel youtube DN Resutari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode content analysis (analisis isi). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan DN Resutari menggunakan teknik komunikasi persuasif sebanyak 25 teknik, yang terdiri dari 4 teknik asosiasi, 6 teknik integrasi, 6 teknik ganjaran, 10 teknik tataan, dan 1 teknik red herring. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa DN Resutari sebagai konten kreator youtube melalui penerapan teknik komunikasi persuasif mampu menyampaikan konsep The Law of Attraction dengan baik sehingga mudah dipahami dan diterima oleh audiens. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Teknik Komunikasi Persuasif en_US
dc.subject The Law of Attraction en_US
dc.subject Youtube en_US
dc.title Teknik Komunikasi Persuasif DN Resutari Dalam Menyampaikan Konsep The Law of Atrraction Melalui Media Youtube en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account