dc.description.abstract |
Dakwah adalah kegiatan mengajak seseorang untuk mengenal dekat
Allah SWT. Pada era globalisasi membuat dakwah semakin berkembang dan
menjadi tantangan bagi seorang da’i. Diperlukan strategi serta metode yang
tepat untuk keberhasilan dakwah. Strategi adalah sebuah rencana yang
digunakan untuk mecapai sebuah tujuan dakwah dan metode adalah sebuah
alat atau teknik untuk mencapai keberhasilan dakwah. Tujuan dalam
penelitian ini untuk memberikan analisa mengenai metode apa yang
digunakan oleh Ustaz Nasrullah dalam menjelaskan ilmu magnet rezeki
kepada khalayak masyarakat melalui unggahan dakwahnya dalam channel
Sobat Berbagi di YouTube. Serta apa yang menjadi faktor dalam keberhasilan
dakwah dan keistimewaan yang ada pada dakwah Ustaz Nasrullah.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini terletak pada
bagaimana strategi dan metode dakwah Ustaz Nasrullah dalam berdakwah
ilmu magnet rezeki di media sosial khususnya YouTube pada kanal sobat
berbagi, yang menjadi salah usaha mencari rezeki dalam bentuk spiritual.
Persamaan pada penelitian terdahulu banyak yang membahas tentang strategi
dakwah dengan aplikasi YouTube, namun perbedaan pada teori yang
digunakan.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Menggunakan 3 metode yang dikemukakan oleh Syekh Muhammad AlBayanuni yang disebut sebagai teori Al-Bayanuni. Di dalam teori ini alBayanuni menjelaskan ada 3 metode dalam berdakwah, antara lain: metode
al-‘Athifi atau sentimental, metode al-‘Aqli atau rasional, dan metode al-Hissi
atau indrawi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini, bahwa pada metode al-‘Athifi, Ustaz Nasrullah
menggunakan kalimat nasihat yang lembut dan mengajak. Pada metode al-
‘Aqli, Ustaz Nasrullah memberikan sebuah perumpamaan ringan dan mudah
untuk dipahami serta memberikan contoh kisah nyata. Pada metode al-Hissi, Ustaz Nasrullah memberikan sebuah pelajaran untuk dipraktikan, seperti
mengubah kalimat negatif ke positif. |
en_US |