DSpace Repository

Internalisasi Nilai-nilai Karakter Islami Melalui Pembelajaran Al-Qur‟an (Studi Living Qur‟an di Pondok Pesantren Bustanul Huda Pagar Puding Jambi)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Syukron
dc.contributor.author Qurratul Aini, 18211057
dc.date.accessioned 2025-01-16T05:03:00Z
dc.date.available 2025-01-16T05:03:00Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4128
dc.description.abstract Peran karakter dalam kehidupan manusia adalah sesuatu yang tak terbantahkan. Dalam menghadapi masalah krisis moral, seringkali pendidikan menjadi sasaran kritik sebagai akar permasalahannya. Hal ini disebabkan oleh kedudukan pendidikan sebagai garda terdapan dalam menyiapkan individu-individu yang memiliki kualitas, termasuk dimensi moral yang perlu diperhatikan. Di era saat ini, banyak orang lebih fokus pada pembelajaran ilmu pengetahuan umum yang cenderung terkait dengan kepentingan dunia, sementara sering mengabaikan pendalaman ilmu agama sebagai tujuan kehidupan akhirat. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan moral dan prinsip-prinsip Al-Qur‟an sebagai filter yang efektif. Jenis peneitian ini ialah Penelitian Lapangan (field research), Sumber data dalam penelitian adalah subyek dari mana data dapat diperoleh. Sumber data primer, Sumber data yang bersifat primer adalah data dalam bentuk verbal atau kata-kata yang diucapkan secara lisan, gerak-gerik atau perilaku yang dilakukan oleh subjek yang dapat dipercaya. Data yang peneliti ambil dari informasi di lapangan melalui observasi, wawancara langsung di lokasi penelitian. Data primer yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pihak pimpinan pondok, tiga ustaz yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru AlQur‟an hadis dan empat orang santri pondok pesantren bustanul huda pagar puding jambi. Sample nya berdasarkan kriteria penulis yaitu purposive sampling. Sumber data sekunder, adalah sumber data yang diperoleh dengan cara membaca, mempelajari dan memahami melalui media lain yang bersumber dari literatur, kitab Tafsir, jurnal, skripsi, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan internalisasi nilai-nilai karakter islami melalui pembelajaran Al-Qur‟an. Beberapa konsep karakter yang dapat ditemukan dalam Al-Qur‟an antara lain: Syukur, Beriman, Birrul Walidain, tanggung Jawab, jujur, toleransi, kasih sayang, adil, ikhlas, sabar dan lain-lain. Semua aspek ini harus saling berkaitan dan harus dilakukan secara seimbang agar dapat mencapai kesempurnaan karakter yang dikehendaki oleh Allah SWT. Proses internalisasi nilai-nilai karakter islami di pondok pesantren bustanul huda yaitu pelaksanaan internalisasi nilai-nilai karakter Pimpinan pondok memberikan arahan kepada guru dan guru memberikan bimbingan pendidikan, pengarahan, dan juga teladan kepada santri dengan membuat pedoman, dan rancangan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Internalisasi en_US
dc.subject Karakter Islami en_US
dc.subject Al-Qur'an en_US
dc.title Internalisasi Nilai-nilai Karakter Islami Melalui Pembelajaran Al-Qur‟an (Studi Living Qur‟an di Pondok Pesantren Bustanul Huda Pagar Puding Jambi) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account