Abstract:
Penelitian ini menganalisis implementasi resepsi fungsional Al-Qur’an melalui program zikir al-Ma’ṡūrāt di SMP Al-AqSyar Islamic School Kabupaten Bogor, dengan fokus pada dampaknya terhadap peningkatan motivasi belajar, penurunan perilaku perundungan, peningkatan kualitas ibadah, dan peningkatan pembentukan karakter Qur’ani.
Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya terkait zikir al-Ma’ṡūrāt adalah bahwa penelitian sebelumnya hanya membahas tentang dampak zikir al-Ma’ṡūrāt yang memperkuat hapalan Al-Qur’an, sedangkan penelitian ini membahas tentang dampak zikir al-Ma’ṡūrāt yang memperkuat karakter yang baik dan menghilangkan karakter yang buruk.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif-analitis dengan teknik pengumpulan data melalui survey, observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen kebijakan sekolah. Temuan kunci penelitian menunjukkan bahwa zikir al-Ma’ṡūrāt meningkatan motivasi belajar, menurunkan perilaku perundungan, meningkatan kualitas ibadah, dan meningkatan pembentukan karakter Qur’ani.