DSpace Repository

Evaluasi Pelayanan Dalam Program Pendayagunaan Zakat Produktif Di Baznas Kabupaten Subang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syafaat Muhari
dc.contributor.author Nurlaeli, 21120071
dc.date.accessioned 2025-11-27T08:14:47Z
dc.date.available 2025-11-27T08:14:47Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4464
dc.description.abstract Zakat produktif merupakan salah satu upaya strategis dalam membantu mengatasi persoalan ekonomi masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro. Namun, belum banyak penelitian yang menilai efektivitas layanan program ini dari sudut pandang penerima manfaat secara langsung. Penelitian ini berangkat dari rumusan masalah mengenai bagaimana persepsi mustahik terhadap kualitas pelayanan program zakat produktif yang dijalankan oleh BAZNAS Subang dan kesenjangan antara harapan dan realita yang dirasakan Mustahik program pemberian modal usaha. Berbeda dari penelitian terdahulu yang umumnya menekankan pada aspek pelaksanaan program atau hasil ekonomi secara mikro, penelitian ini fokus pada kualitas layanan lembaga dari sisi harapan dan pengalaman mustahik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 19 mustahik. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan uji analisis distribusi frekuensi untuk melihat persebaran persen dalam setiap indikator, analisis uji wilcoxon dan scatter plot untuk melihat persebaran setiap responden, berdasarkan model SERVQUAL yang mencakup lima dimensi: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Hasil penelitian menunjukkan, Pertama kesenjangan pada pelayanan lembaga BAZNAS Subang yaitu, adanya persepsi Mustahik yang cukup tinggi terkait pelayanan Zakat pada BAZNAS Subang, menunjukan hasil visualisasi scatterplot sebagian besar indikator berada di bawah garis ideal, dengan kata lain tingkat kepuasan mustahik terhadap program masih lebih rendah dibandingkan tingkat harapan Mustahik. Kedua, ditemukannya kesenjangan terkait harapan dan realita pada aspek kecepatan petugas dalam merespon dan lembaga dalam memberikan pelayanan, yang dimana aspek ini menjadi perhatian untuk perbaikan dan menunjukkan pentingnya peningkatan pelayanan agar zakat produktif lebih optimal, berkelanjutan, dan tepat sasaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Zakat Produktif en_US
dc.subject SERVQUAL en_US
dc.subject BAZNAS Subang en_US
dc.subject Evaluasi en_US
dc.subject Scatter Plot en_US
dc.title Evaluasi Pelayanan Dalam Program Pendayagunaan Zakat Produktif Di Baznas Kabupaten Subang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account