Abstract:
Lingkar pertemanan pada mahasiswa memiliki peran yang sangat
penting dalam mendukung kesejahteraan psikologis. Komunikasi kelompok
yang terjalin dapat memberikan rasa saling mendukung, membantu
mengurangi stres, dan meningkatkan rasa percaya diri. Namun, dinamika
komunikasi dalam kelompok pertemanan ini seringkali belum dipahami
secara mendalam, sehingga penelitian tentang bagaimana komunikasi dalam
kelompok dapat mempengaruhi kesejahteraan psikologis masih sangat
relevan untuk dilakukan. Komunikasi dalam kelompok pertemanan memiliki
peran penting dalam mendukung kesejahteraan psikologis individu, terutama
di tengah tekanan sosial dan akademik. Kelompok pertemanan dapat menjadi
sumber dukungan emosional yang krusial untuk keseimbangan mental yang
sehat. Memahami dinamika komunikasi kelompok ini dapat membantu
menciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan psikologis.
Penelitian ini mengkaji komunikasi kelompok yang berpengaruh
sebagai dukungan psikologis mahasiswa dengan menggunakan teori
pencapaian kelompok, berbeda dari penelitian sebelumnya yang hanya
membahas komunikasi kelompok saja, tidak berkaitan pada lingkar
pertemanan atau tidak berkaitan dengan psikologis.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data
diperoleh dari mahasiswa IIQ Jakarta, yang berasal dari wawancara tertulis
terkait lingkar pertemanan mahasiswa angkatan 2021 serta data sekunder
yang berasal dari buku dan jurnal. Peneliti berupaya menggali pengalaman,
pandangan, atau pemahaman mahasiswa tentang peran komunikasi kelompok
di lingkar pertemanannya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi kelompok yang
terbuka pada lingkar pertemanan mahasiswa IIQ Jakarta angkatan 2021
mendukung kesejahteraan psikologis mereka. Kerja sama hingga bertukar
pikiran dalam kelompok memperkuat solidaritas, mengurangi stres, dan meningkatkan kepercayaan diri. Namun, kadang kali ketidaksepahaman
dalam komunikasi dapat menimbulkan ketegangan. Secara keseluruhan,
komunikasi kelompok efektif berperan dalam meningkatkan kesejahteraan
emosional mahasiswa.