DSpace Repository

Analisis Implementasi Fatwa DSN MUI NO.113/DSN-MUI/IX/2017 Tentang Akad Wakalah bi al-Ujrah Terhadap Quick Response Code Indonesian Standard (Studi Kasus di Bank Muamalat KC Fatmawati)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mufi Aulia
dc.contributor.author Nur Ilyatul Azizah, 19110982
dc.date.accessioned 2025-11-29T08:04:10Z
dc.date.available 2025-11-29T08:04:10Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4498
dc.description.abstract Dengan meningkatnya transformasi digital Bank Indonesia bersama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) menerbitkan QRIS dan mewajibkan semua layanan menggunakan QRIS. Dalam penerapan akad Wakālah bi al-Ujrah di lembaga keuangan syariah dilihat dari penelitian sebelumnya masih belum sesuai dengan prinsip ekonomi Islam dan belum sesuai dengan ketentuan fatwa DSN-MUI No.113/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad Wakālah bi al-Ujrah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis praktik akad wakālah bi al-ujrah antara PT Bank Muamalat dengan merchant dalam penggunaan QRIS pada PT Bank Muamalat KC Fatmawati, serta menganalisis kesesuaian praktik akad wakālah bi al-ujrah antara PT Bank Muamalat dengan merchant terhadap Fatwa DSN-MUI No. 113/DSNMUI/IX/2017 Tentang akad wakālah bi al-ujrah. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif berupa wawancara terfokus (focused interview), dengan pendekatan yuridis empiris. Data primer yang digunakan adalah hasil wawancara dengan pihak Bank Muamalat KC Fatmawati serta data sekunder diperoleh dari buku, jurnal atau karya ilmiah terkait akad Wakālah bi al-Ujrah terhadap QRIS. Hasil penelitian ini yang pertama, terkait penerapan akad wakālah bi al-ujrah di Bank Muamalat KC Fatmawati, merchant sebagai muwakkil, Bank Muamalat sebagai wakil, objek dalam penelitian ini adalah pengelolaan transaksi yakni memindahkan saldo rekening dari pembeli kepada merchant, ṣighat akad terjadi pada saat transaksi dilakukan, Ujrah akad mengikuti ketetapan Bank Indonesia yakni diambil dari setiap transaksi yang masuk. Pada hasil kedua, disimpulkan bahwa praktik akad wakālah bi al-ujrah antara Bank Muamalat dan merchant dalam penerapan QRIS di Bank Muamalat KC Fatmawati disinyalir telah sesuai dengan fatwa DSN-MUI No.113/DSNMUI/IX/2017 Tentang akad wakālah bi al-ujrah karena telah terpenuhi semua rukun dan syarat dalam akad wakālah bi al-ujrah serta telah terhindar dari hal-hal yang dilarang dalam muamalah maliyah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Wakālah bi al-ujrah en_US
dc.subject QRIS en_US
dc.subject Bank Muamalat en_US
dc.title Analisis Implementasi Fatwa DSN MUI NO.113/DSN-MUI/IX/2017 Tentang Akad Wakalah bi al-Ujrah Terhadap Quick Response Code Indonesian Standard (Studi Kasus di Bank Muamalat KC Fatmawati) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account