Abstract:
Skripsi ini dilatarbelakangi karena adanya ketertarikan penulis pada
program tahfiẓul Qur’an yang berada di Pondok Modern Darunnajah 2
Cipining, Dimana pesantren Darunnajah 2 Cipining ini bukan pesantren
khusus tahfiẓ dan memiliki banyak kegiatan di luar hal menghafal. Serta
ketertarikan penulis untuk mengetahui kualitas hafalan santri tahfiẓ di tengah
banyaknya kegiatan-kegiatan yang ada di Pondok Pesantren Darunnajah 2
Cipining.
Dalam hal ini, penulis menemukan persamaan dan perbedaan yang
terdapat pada skripsi ini dengan skripsi sebelumnya. Persamaannya yaitu
sama-sama mengkaji tentang living qur’an, sedangkan perbedaanya yaitu
terletak pada judul dan tempat penelitian.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitif dengan sumber
data primernya yang berasal dari wawancara dengan santri tahfiẓ dan
pembimbing mereka, sedangkan sumber data sekundernya berupa buku,
jurnal dan skripsi.Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan
menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik Analisa
data yang digunakan adalah menggunakan metode interaktif. Pendekatan
penelitian yang digunakan adalahdengan menggunakan Teknik ethnography,
dan penulis menggunakan metode MHQ dalam menganalisis kualitas hafalan
Al-Qur’an santri.
Adapun hasil penelitian dari skripsi ini adalah hasil rata-rata kualitas
hafalan Al-Qur’an santri tahfiẓ di Darunnajah yaitu termasuk dalam kategori
baik (B) dengan total 10 santri yang menjadi informan, 20% santri dari total
10 orang mendapatkan nilai A, 60% mendapatkan nilai B dan 20%
mendapatkan nilai (C) Adapun faktor yang menghambat kualitas hafalan AlQur’an santri adalah banyaknya kegiatan, lingkungan sekitar, peran guru dan
juga rasa malas. sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya kemauan
yang kuat dan juga lingkungan sekitar.