| dc.description.abstract |
Pengasuhan anak menjadi faktor penting dalam pembentukan generasi. Di
era modern, masih banyak orang tua menggunakan pola asuh otoriter dan
keras, padahal hal itu dapat berdampak negatif bagi perkembangan anak.
Gentle parenting hadir sebagai pola asuh berbasis kasih sayang, empati,
komunikasi positif, dan keteladanan. Penelitian ini berjudul “Gentle parenting
di Era Modern Perspektif Al-Qur’an (Analisis Terhadap Tafsir Al-Mishbah
Karya Quraish Shihab)” untuk menegaskan bahwa Al-Qur’an memuat prinsip
pengasuhan yang sejalan dengan gentle parenting.
Penelitian ini memiliki kesamaan dengan kajian sebelumnya yang
membahas parenting Islami, namun berbeda pada fokus. Jika penelitian
terdahulu umumnya hanya menyoroti parenting secara umum atau ayat
tertentu, penelitian ini khusus menelaah empat ayat relevan (QS. Luqmān
[31]:13–19, QS. An-Nisā’ [4]:9, QS. At-Taḥrīm [66]:6, QS. Al-Baqarah
[2]:233) melalui penafsiran Quraish Shihab dalam Tafsir al-Mishbah. Dengan
demikian, penelitian ini memberikan kajian yang lebih terarah mengenai
relevansi gentle parenting dalam perspektif Al-Qur’an.
Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif berbasis pustaka
(library research), dengan Tafsir al-Mishbah sebagai sumber primer dan
didukung literatur sekunder berupa buku, jurnal, dan artikel. Analisis
dilakukan menggunakan metode tafsir tahlili dengan pendekatan tematik dan
psikologi anak, lalu dihubungkan dengan teori kelekatan (attachment theory)
John Bowlby.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penafsiran Quraish Shihab sangat
sejalan dengan prinsip gentle parenting. QS. Luqmān [31]:13–19 menekankan
pendidikan tauhid dan adab dengan kelembutan, QS. An-Nisā’ [4]:9
mengajarkan komunikasi benar, QS. At-Taḥrīm [66]:6 menegaskan tanggung
jawab orang tua menjaga keluarga, dan QS. Al-Baqarah [2]:233 menyoroti ikatan awal ibu-anak. Nilai-nilai ini sejalan dengan teori attachment John
Bowlby, sehingga Tafsir al-Mishbah relevan sebagai pedoman pengasuhan
Islami yang ramah anak dan sesuai dengan tantangan era modern. |
en_US |