Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1890
Title: Implementasi Tadabbur Al-Qur’an dalam Penanaman Iman dan Akhlak Peserta Didik (Studi Kasus Kuttab Ibnu Abbas Serpong Tangerang Selatan)
Authors: Muhammad Habibi, 218430222
Advisor: Ahmad Dimyati Badruzzaman
Pahrurraji M. Bukhari
Issue Date: 2022
Publisher: Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai-nilai akhlak karimah yang mulai luntur dari perilaku anak sehingga tidak sesuai dengan tauladan yang diajarkan nabi Muhammad. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi tadabbur Al-Qur’an dalam penanaman iman dan akhlak pada peserta didik di Kuttab Ibnu Abbas Serpong Tangerang Selatan dan bagaimana proses tadabbur Al-Qur’an di Kuttab Ibnu Abbas Serpong Tangerang Selatan, serta nilai apa saja yang ditanamkan dalam proses tadabbur Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kulaitatif. Penelitian kualitatif adalah penelusuran secara intensif menggunakan standar prosedur ilmiah untuk menghasilkan kesimpulan naratif tertulis berdasarkan analisis data tertentu. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua siswa. Metode pengumpulan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah didapatinya pembelajaran tadabbur Al-Qur’an untuk memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang telah dihafalkan peserta didik, kemudian dihayati untuk pembentukan iman dan akhlak mulia sesuai petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunnah. Dalam proses pembelajaran tadabbur Al-Qur’an di Kuttab Ibnu Abbas Serpong Tangerang Selatan terdapat tiga langkah, pertama: perencanaan, yaitu dengan merencanakan tujuan dan materi yang disampaikan, kedua: pelaksanaan, yaitu proses pelaksanaan di dalam kelas meliputi pembukaan, pembacaan ayat, penjelasan ayat dan mengetahui kandungan ayat, ketiga: evaluasi, yaitu mengevaluasi hasil dari pembelajaran. Implementasi tadabbur Al-Qur’an dalam penanaman iman dan akhlak peserta didik di Kuttab Ibnu Abbas BSD dapat terlihat dalam kehidupan peserta didik sehari-hari antara lain, kebiasaan yang baik dan semangat dalam pelaksanaan ibadah sehari-hari. Nilai- nilai iman dari pembelajaran tadabbur Al-Qur’an adalah rukun Iman, rukun Islam dan akhlak karimah sehari-hari.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1890
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
218430222-Muhammad Habibi.pdf
  Restricted Access
218430222-Tesis2.77 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.