Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2113
Title: Pengaruh Budaya Korean Pop Terhadap Pendidikan Akhlak Remaja Di Kota Tangerang Selatan
Authors: Siti Nur Aisyah Yuliani, 18312057
Advisor: Alfun Khusnia
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Pendidikan akhlak lebih menekankan pada sikap dan perilaku yang dijadikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, yang menggambarkan nilai-nilai kebaikan. Namun saat ini pendidikan akhlak bersaing dengan globalisasi dalam menguasai generasi muda khususnya para remaja karena masa remaja merupakan masa yang sangat rentan. Hadirnya budaya Korean Pop atau Korean Wave di Indonesia memiliki dua sisi yang berbeda, ada dampak positif dan negatifnya, sehingga perlu adanya upaya pembinaan akhlak atau karakter remaja untuk menjadi sosok yang sesuai dengan harapan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya Korean Pop terhadap pendidikan akhlak remaja di Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan total sampel yang digunakan berjumlah 254 remaja Kota Tangerang Selatan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik probability sampling dengan metode random sampling. Dengan bantuan alat ukur yang digunakan untuk analisis data yaitu IBM SPSS 25 for windows dengan teknik regresi linear sederhana, sedangkan untuk pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan budaya Korean Pop terhadap pendidikan akhlak remaja di Kota Tangerang Selatan, dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05) dengan tingkat pengaruhnya yang relatif rendah yaitu sebesar 10,1%.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2113
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18312057.pdf
  Restricted Access
1.81 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.