Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2258
Title: Konsep Pendidikan Aqidah Menurut Pemikiran Mahmud Syaltut
Authors: Mawaddah Warohmah Lubis, 04310709-
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: 2009
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Aqidah merupakan landasan dasar agama Islam, ibarat bangunan jika pondasi dasamya kokoh dan kuat maka bangunan yang berada di atasnya akan kokoh dan kuat, demikian pula agama ini jika 'aqidah yang menjadi pemahaman dasar itu benar dengan pengertian bersih dari berbagai macam kesyirikan dan syubhat­syubhat pemikiran yang menyesatkan, maka amalan-amalan Islam yang dibangun di atasnya akan diterima disisi Allah Swt. 1 'Aqidah tidak lain dari apa yang diyakini oleh hati, atau ide yang diterima dengan rasa yakin dan pasti oleh hati sebagai ide yang benar sesuai dengan kenyataan atau ide yang baik menghasilkan kebaikan, bila diamalkan. Rasa yakin atau rasa pasti pada hati tidaklah menjadi jaminan tentang benar atau baiknya suatu 'aqidah, karena dalam masalah 'aqidah banyak sekali terdapat pertentangan antara suatu 'aqidah dengan aqidah yang lain. Sebagai contoh, 'aqidah orang beragama bahwa alam ini diciptakan Tuhan bertentangan dengan 'aqidah dengan kaum materialis bahwa alam ini tidak diciptakan. Mustahil bahwa dua 'aqidah yang bertentangan itu sama-sama benar. Mestilah salah satunya benar dan lawannya salah. Jadi ada 'aqidah yang sungguh-sungguh benar, kendati ditolak oleh sebagian manusia, dan ada pula 'aqidah yang sungguh-sungguh salah, kendati diterima dengan rasa yakin dan pasti oleh sebagian orang.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2258
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mawaddah Warohmah Lubis_FULL.pdf
  Restricted Access
6.07 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
Mawaddah Warohmah Lubis_BAB 1 DAN 5.pdf
  Restricted Access
1.77 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.